DetikSepakbola
Rabu 08 November 2017, 22:22 WIB

Bhayangkara FC Juara Liga 1

Randy Prasatya - detikSport
Bhayangkara FC Juara Liga 1 Bhayangkara FC juara Liga 1 2017 (Bhayangkara FC)
Jakarta - Bhayangkara FC keluar sebagai kampiun Liga 1 2017. Adalah kemenangan dengan skor 3-1 atas Madura United yang mengantar The Guardian ke tangga juara.

Dalam laga yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (8/11/2017) malam WIB, seluruh gol Bhayangkara dilesakkan oleh Ilija Spasojevic. Di sisi lain, Madura United harus menuntaskan laga dengan delapan orang setelah tiga pemainnya dikartu merah.

Kemenangan atas Madura United memastikan Bhayangkara menjadi juara Liga 1 2017. Setelah menjalani 33 pertandingan, Bhayangkara mengumpulkan 68 poin, hasil 22 kemenangan, dua kali imbang dan sembilan kali kalah.

Bhayangkara unggul tiga poin atas Bali United yang ada di posisi dua. Kedua klub masih menyisakan satu pertandingan, namun karena Bhayangkara unggul head to head atas Bali United posisi mereka di puncak klasemen tidak akan bisa digeser lagi.

Jalannya Pertandingan

Bermain di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (8/11/2017) malam WIB, Madura United sempat mengontrol pertandingan lebih dulu. Tim berjulukan Sapeh Kerap berulang kali menekan pertahanan Bhayangkara mengandalkan kecepatan sisi sayap yang di isi Bayu Gatra dan Engelberd Sani.

Pada menit ke-12, Madura United mampu mengancam pertahanan lawan. Berawal dari skema umpan satu-dua di luar kotak penalti, Peter Odemwingie melepaskan tendangan keras, namun bola masih melebar di kiri gawang Bhayangkara.

Selang dua menit Bhayangkara mendapat hadiah penalti. Wasit Seyed Vahitd Kazemi menilai bek Madura United, Fabiano Beltrame melakukan pelanggaran terhadap Paulo Sergio.

Paulo, yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola hasil tendangan Paulo sempat mengecoh kiper lawan, namun bola masih membentur tiang.

Tiga menit laga berjalan, Bhayangkara mulai balik menekan. Mereka memaksa seluruh pemain Madura United mundur ke wilayahnya sendiri.

Di menit ke-41, Madura harus bermain dengan 10 pemain setelah Peter Odemwingie diganjar kartu merah langsung karena melanggar Indra Kahfi dengan sangat keras.

Namun, sampai babak pertama usai tak ada gol yang dihasilkan. Madura bisa mengimbangi kekalahan jumlah pemain.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Bhayangkara berhasil melesakkan gol lewat kaki Spasojevic. Pemain asal Montenegro itu berhasil menyambar bola sepakan rekannya yang lebih dulu membentur tiang. 1-0 Bhayangkara memimpin.

Alih-alih menyamakan skor, Madura justru harus main dengan sembilan orang. Fandi Eko Utom diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar pemain Bhayangkara di menit ke-57.

Keunggulan jumlah pemain bikin Bhayangkara makin di atas angin. Alhasil, gol kedua berhasil mereka dapat di menit ke-67. Spasojevic mencetak gol kedua setelah berhasil melepaskan tembakan terukur dari sisi kiri kotak penalti. 2-0 Bhayangkara memimpin.

Kalah jumlah pemain tak membuat Madura United kendur. Mereka berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 lewat sundulan Rizky Dwi Febrianto di menit ke-69.

Sial bagi Madura, upaya mereka untuk menyamakan skor semakin berat setelah harus bermain dengan delapan orang setelah Rizky Dwi diganjar kartu kuning kedua akibat melanggar pemain Bhayangkara.

Di injury time menit ke-3 babak kedua, Spaso berhasil mencetak hat-trick. Mantan pemain Persib Bandung itu sukses melesakkan gol setelah menyontek umpan pendek dari Evan Dimas Darmono.

Tak lama gol tersebut wasit meniupkan peluit tanda akhir pertandingan. Bhayangkara pun menuntaskan laga dengan kemenangan 3-1.

Hasil itu membuat tim besutan Simon McMenemy keluar sebagai juara Liga 1 Indonesia 2017, setelah mengumpulkan 68 poin dari 33 laga. Meski masih menyisakan satu laga, raihan poin mereka tidak akan bisa lagi salip Bali United, yang ada di posisi kedua dengan poin 65.

Bali United memang masih bisa menyamai poin tersebut andai mereka menang di pertandingan terakhir menghadapi Gresik United, di akhir pekan ini dan Bhayangkara kalah dari Persija Jakarta di saat bersamaan. Namun Bali United kalah head to head atas Bhayangkara (1-3 dan 2-3).

Susunan Pemain:

Madura United: Hery Prasetyo; Andik Rendika Rama, Rendi Siregar, Fachruddin Aryanto, Fabiano Beltrame, Munhar, Asep Berlian, Engelberd Sani, Bayu Gatra, Thiago Furtuoso, Peter Odemwingie.

Bhayangkara FC: Awan Setho; Indra Kahfi, Putu Gede, Alsan Sanda, Lee Yoo Joon, Evan Dimas, Wahyu Subo Seto, Ilham Udin, Paulo Sergio, Jajang Mulyana, Ilija Spasojevic.
(ran/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed