DetikSepakbola
Kamis 16 November 2017, 19:31 WIB

Timnas Indonesia U-23 Takluk 2-3 dari Suriah

Yanu Arifin - detikSport
Timnas Indonesia U-23 Takluk 2-3 dari Suriah Timnas U-23 (Foto: Sigid Kurniawan/Antara)
Cikarang - Timnas Indonesia U-23 menelan kekalahan di laga ujicoba melawan timnas Suriah U-23. Skuat Garuda Muda menyerah dengan skor 2-3.

Laga di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (16/11/2017) ini berlangsung dengan sepi penonton. Selain itu, kickoff sempat ditunda 15 menit karena hujan deras.

Di babak pertama, Indonesia dan Suriah bermain imbang 2-2. Suriah bisa memimpin dua kali lewat gol Muhammad Naji pada menit ke-30 dan 42, yang bisa dibalas lewat Septian David Maulana di menit 36 dan Osvaldo Haay menit 45.

Di babak kedua, Suriah bisa menambah keunggulan pada menit ke-52 berkat gol Abdul Al Rahman Barakat. Adapun Indonesia cukup kesulitan mencetak gol balasan hingga laga bubar. Timnas Indonesia U-23 menyerah 2-3 atas Suriah U-23.


Jalannya Pertandingan

Suriah langsung mengambil alih jalannya pertandingan. Tercatat di sepuluh menit pertama, Suriah bisa mengontrol lini tengah permainan. Beberapa kali serangan pun mereka lancarkan ke jantung pertahanan Indonesia, namun belum ada yang benar-benar mengancam.

Di menit ke-12, Suriah mendapat peluang bersih. Mohamad Anaz melepaskan sepakan keras mendatar dari luar kotak penalti, namun bola masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Indonesia.


Indonesia baru bisa membalas pada menit ke-24. Lewat umpan silang Febri Hariyadi di sisi kiri, tandukannya bisa disundul Osvaldo. Namun bola malah melenceng ke atas.

Suriah akhirnya unggul pada menit ke-30. Naji sukses memanfaatkan bola rebound hasil tendangan deras rekannya yang gagal ditangkap dengan baik Satria Tama. Dengan mudah Naji menceploskan bola ke gawang Indonesia untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Indonesia bisa membalas enam menit berselang. Berawal dari serangan balik cepat di sisi kanan, umpan Ilham Udin gagal disapu dengan baik oleh bek Suriah. Bola liar di mulut gawang pun langsung ditendang Septian David Maulana untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Suriah kembali unggul di menit ke-42, lewat tendangan bebas tepat di depan kotak penalti. Naji yang menjadi eksekutor, dengan apik langsung mengirim bola masuk ke gawang Indonesia dengan sepakan kaki kiri.

Tapi di menit ke-45, Indonesia kembali mampu mencetak gol balasan. Umpan silang Febri di sisi kiri, kali ini bisa ditanduk dengan sempurna oleh Valdo. Gol itu membuat babak pertama berakhir 2-2.

Babak kedua bergulir, laga sempat berjalan imbang di menit-menit awal. Namun pada menit ke-52, Suriah bisa mencetak gol ketiganya. Abdul Al Rahman Barakat yang tak dijaga dengan baik oleh Hansamu Yama, bisa menanduk crossing Mdh Rabe Sror menjadi gol.

Indonesia yang tertinggal, coba menekan guna mendapat gol penyeimbang. Namun di babak kedua ini, lini belakang Suriah lebih disiplin dalam mengantisipasi serangan yang datang.

Di tengah upaya mengejar ketertinggalan, pelatih Indonesia Luis Milla menarik Febri Hariyadi dan Evan Dimas dan memasukkan Muhamad Arfan serta Saddil Ramdani. Tak ada perubahan berarti yang terjadi.

Baru ketika Egy Maulana Vikri dimasukkan pada menit ke-75 menggantikan Septian David Maulana, ada sedikit perubahan di lini depan Indonesia. Kecepatannya beberapa kali merepotkan lini belakang Suriah.

Tapi hingga laga tuntas, tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 3-2 untuk kemenangan Suriah tetap bertahan.

Susunan Pemain

Indonesia U-23: Satria Tama, Rezaldy Hehanusa (Bagas Adi 32'), Ricky Fajrin, Hansamu Yama Pranata, I Putu Gede, Osvaldo Haay (Miftahul Hamdi 75'), Evan Dimas Darmono (M Arfan 67'), Hargianto, Febri Hariyadi (Saddil Ramdani 62'), Septian David Maulana (Egy Maulana 75'), Ilham Udin Armaiyn.

Suriah U-23: Mhd Yazen Ourabi, Jihad Busmar (Ahmad Al Ahmad 46'), Mhd Fares Arnaout, Abdullah Iniat, Ahmad Ashkar, Ahmad Alghalab (Talal Al Housin 46'), Mouhamad Anez (Zakria Hanan 86'), Yousef Al Hamwi, Mohamad Zeid Ghrir, Abd Ar Rahman Barakat, Moumen Naji (Khaled Kurdaghli 86')


(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Klopp Sulit Mengistirahatkan Salah

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:08 WIB Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer Liverpool Juegen Klopp.
  • Foto: Trofi-trofi Madrid di Tahun 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 12:09 WIB Piala Dunia Antarklub menambah koleksi trofi yang direngkuh Real Madrid di tahun kalender 2017. Ada lima piala yang diraih Madrid sepanjang tahun ini.
  • Benteke Bikin Gol Lagi Setelah Seribu Menit Lebih

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 13:55 WIB Kemenangan Crystal Palace atas Leicester City bermakna istimewa buat Christian Benteke. Di laga ini ia mampu bikin gol lagi setelah puasa seribu menit lebih.
  • Tottenham Korban Terakhir Keganasan City

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 08:30 WIB Manchester City belum juga terkalahkan di Premier League musim ini. Tottenham Hotspur baru saja merasakan keganasan City lewat kekalahan dengan skor 1-4.
  • Guardiola Kian Dekat ke Rekor Pribadi

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 10:45 WIB Keberhasilan Manchester City memperpanjang rentetan kemenangan sekaligus kian mendekatkan Pep Guardiola, manajernya, ke sebuah rekor pribadinya.
  • Mau Terus Pakai Empat Bek, Wenger?

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 06:39 WIB Arsenal mencatatkan dua clean sheet setelah kembali ke format empat bek. Manajer Arsene Wenger tak menutup kemungkinan untuk memasang empat bek lagi.
  • Icardi: Cepatlah Bangkit, Inter

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:59 WIB Laju Inter Milan tanpa kekalahan musim ini dihentikan Udinese. Mauro Icardi berharap Nerazzurri segera bangkit dari kekecewaan.
  • Ronaldo Belum Habis

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 07:02 WIB Cristiano Ronaldo baru saja mengantarkan Real Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub 2017. CR7 seakan menegaskan bahwa dirinya belum habis.
  • Hamsik Samai Rekor Gol Maradona

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:19 WIB Sebuah pencapaian istimewa diukir gelandang sekaligus kapten Napoli Marek Hamsik. Hamsik berhasil menyamai rekor gol legenda Napoli, Diego Maradona.
  • Roma Menang Dramatis atas Cagliari

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 04:26 WIB AS Roma sukses mengalahkan Cagliari 1-0 secara dramatis. Federico Fazio mencetak gol kemenangan Roma di akhir masa injury time.
  • SuperCity Sudah Memangsa Tim-Tim Enam besar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 03:43 WIB Manchester City betul-betul superior. City tak sekadar menciptakan rentetan kemenangan, melainkan sekaligus mengalahkan rival-rivalnya dalam perburuan gelar.
  • Valencia Tumbang di Markas Eibar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:36 WIB Eibar berhasil mengalahkan Valencia 2-1 di Municipal de Ipurua, Minggu (17/12/2017) dinihari WIB. Seluruh gol tercipta di babak kedua.
  • Comeback, Dortmund Tundukkan Hoffenheim

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:50 WIB Borussia Dortmund mesti kerja keras untuk meraih kemenangan saat menjamu Hoffenheim. Sempat tertinggal lebih dahulu, Dortmund akhirnya menang 2-1.
  • Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 02:15 WIB Real Madrid berhasil menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2017. El Real mengalahkan Gremio 1-0 berkat gol Cristiano Ronaldo di menit ke-53.
  • Turun Minum, City Memimpin 1-0 atas Tottenham

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 01:19 WIB Manchester City berhasil mengungguli tim tamu Tottenham Hotspur 1-0 di babak pertama. Gol City diciptakan Ilkay Guendogan di menit ke-14.
  • Inter Kalah karena Main Jelek di Babak Kedua

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 00:38 WIB Laju tidak terkalahkan Inter Milan akhirnya patah, setelah dipermalukan Udinese 1-3. Pelatih Inter Luciano Spalletti mengakui timnya main buruk di paruh kedua.