DetikSepakbola
Sabtu 13 Januari 2018, 01:17 WIB

Di Piala Presiden 2018, Klub Boleh Turunkan Pemain yang Belum Dikontrak

Amalia Dwi Septi - detikSport
Di Piala Presiden 2018, Klub Boleh Turunkan Pemain yang Belum Dikontrak Foto: Muhammad Taufiqqurrahman
Jakarta - Piala Presiden 2018 memberikan keringanan terkait administrasi pemain. Panitia penyelenggara memperbolehkan pemain tanpa kontrak untuk diturunkan di turnamen pramusim tersebut.

Sebelumnya, BOPI (Badan Olahraga Profesional Indonesia) meminta agar seluruh klub diverifikasi terlebih dahulu. Setiap klub wajib memberikan data soal izin kerja pemain, pelatih asing, dan legalitas klub-klub peserta.

Namun, anggota OC (Organizing Committee) Piala Presiden 2018, Risha Adi Widjaya, mengatakan bahwa klub boleh saja mendaftarkan pemain yang belum memiliki ikatan kontrak. Sebab, banyak klub yang memanfaatkan Piala Presiden sebagai ajang seleksi pemain.

"Salah satu dari visi dan misi Piala Presiden 2018 ini adalah prestasi, di mana bisa dijadikan sebagai ajang pramusim. Maka itu, dari regulasi kami sedikit fleksibel. Sebelum ini dijalankan, kami sudah berkoordinasi dengan departemen terkait," ujar Risha di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

"Jadi, tak perlu kontrak pemain, karena ini hanya satu bulan durasi turnamennya. Dalam kontrak itu tidak ada aturannya durasi kontrak satu bulan. Terkait permintaan BOPI, yang krusial adalah lima klub yang dari Liga 2, yang belum diverifikasi sama sekali. Nanti kami akan usahakan dalam beberapa hari ke depan data-data legalitasnya klub-klub itu akan kami berikan ke BOPI," imbuhnya.

"Kami akan membantu klub untuk mengurus hal itu. Tentunya dengan dokumen yang lengkap, dan prosesnya mungkin hanya dua hari izinnya," kata Risha.

Soal regulasi pemain, Risha menambahkan bahwa setiap klub juga diperbolehkan mendaftarkan enam pemain asing di Piala Presiden. Namun, hanya empat pemain saja yang bisa dimainkan.

"Jadi sistemnya tetap 3+1, tiap klub hanya bisa memainkan tiga pemain asing dari negara mana pun plus satu pemain asing Asia di tiap pertandingan," katanya.



(ads/mfi)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed