DetikSepakbola
Sabtu 13 Januari 2018, 16:27 WIB

Toilet Canggih untuk Dicoba Presiden Jokowi di GBK

Mercy Raya - detikSport
Toilet Canggih untuk Dicoba Presiden Jokowi di GBK Toilet canggih di GBK yang akan dicoba Presiden Jokowi untuk kali pertama (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta - Setelah renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) juga punya toilet canggih untuk tamu VVIP. Presiden Joko Widodo akan mencobanya untuk kali pertama.

Jokowi rencananya akan hadir langsung di GBK, Minggu (14/1/2018), ketika timnas Indonesia menjamu Islandia dalam laga persahabatan. Momen itu sekaligus memperkenalkan GBK setelah direnovasi, menuju Asian Games 2018.

Renovasi itu sendiri telah membuat stadion kebanggaan Indonesia tersebut kian cantik luar-dalam. Salah satunya adalah bagian VVIP, yang berada di lantai dua stadion, yang sempat dilongok detikSport.

Berdasarkan pantauan, ruangan VVIP kini mengusung interior yang bernuansa lebih modern. Bagian toilet pun tidak ketinggalan untuk dipoles.

Toilet Canggih untuk Dicoba Presiden Jokowi di GBKFoto: Grandyos Zafna/detikSport

Toilet canggih yang sangat kekinian itu menyertakan tombol pengaturan ini-itu, beserta penjelasannya. Ada pula sensor di bagian dalam toilet, sehingga air bisa mengalir dan berhenti otomatis.

"Toilet ini untuk Presiden RI dan belum pernah dicoba oleh siapa pun. Rencananya untuk nanti saat peresmian SUGBK oleh Presiden pada Minggu nanti," kata salah satu karyawan Adhi Karya yang menemani detikSport.

Toilet juga menggunakan lantai dan dinding berlapis marmer. Menuju keluar di ruangan VVIP juga terdapat sofa-sofa berukuran besar berwarna hitam.

Toilet Canggih untuk Dicoba Presiden Jokowi di GBKFoto: Grandyos Zafna/detikSport

Ruangan VVIP ini juga menyertakan toilet khusus bagi penyandang disabilitas. Untuk memudahkan penyandang disabilitas, kamar mandi dibuat cukup luas dengan fasilitas toilet duduk, wastafel, dan grab bar.

Dengan grab bar yang dipasang pada bagian kiri toilet dan berbahan pipa stainless steel itu, tamu VVIP dengan disabilitas akan terbantu ketika hendak duduk dan beranjak dari toilet.

Toilet Canggih untuk Dicoba Presiden Jokowi di GBKFoto: Grandyos Zafna/detikSport



(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed