DetikSepakbola
Minggu 18 Februari 2018, 14:46 WIB

Persija Sesali Aksi Perusakan GBK oleh Suporternya

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Persija Sesali Aksi Perusakan GBK oleh Suporternya Suporter memasuki lapangan usai pertandingan final Piala Presiden 2018 (Wahyu Putro A/ANTARA FOTO)
FOKUS BERITA: GBK Dirusak
Jakarta - Kemenangan Persija Jakarta di final Piala Presiden ternodai oleh pengrusakkan fasilitas SUGBK oleh suporternya. Persija pun meminta maaf.

Pada laga final Piala Presiden 2018 yang dihelat, Sabtu (17/2/2018) malam WIB, Persija menuntaskan dengan gelar juara usai mengalahkan Bali United dengan skor 3-0.


Hasil yang dirayakan dengan sukacita mengingat Persija sudah lama tak meraih trofi bergengsi sejak menjuarai Liga Indonesia 2001. Belum lagi terkait penampilan Persija terakhir di final kompetisi yakni Copa Indonesia 2005.

Tapi, kemenangan itu menyisakan pahit ketika banyak suporternya yang melakukan tindakan tak terpuji. Terjadi sejumlah kerusakan di beberapa area GBK akibat aksi oknum The Jak Mania, seperti jebolnya pintu masuk, pagar pembatas lapangan yang roboh, dan tanaman-tanaman yang rusak di bagian luar stadion.

Persija Sesali Aksi Perusakan GBK oleh SuporternyaPenampakan GBK usai pertandingan final Piala Presiden 2018 (Grandyos Zafna/detikSport)

Gede Widiade selaku Direktur Utama Persija menyayangkan aksi memalukan seperti itu bisa terjadi. Apalagi pihak klub terutama dari para pemain sudah mewanti-wanti sejak jauh hari untuk bisa menjaga fasilitas GBK pada laga final.

Persija Sesali Aksi Perusakan GBK oleh SuporternyaPenampakan GBK usai pertandingan final Piala Presiden 2018 (Grandyos Zafna/detikSport)

"Saya menyesalkan, sangat menyesalkan. Kita sudah edukasi, kita sudah sampaikan agar tidak ada kejadian apa-apa, eh akhirnya malah kejadian. Kita sangat sesalkan itu, mas," tutur Gede dalam perbincangan dengan detikSport, Minggu (18/2/2018) siang WIB.


"Kita sudah koordinasi dengan Jak Mania, kemarin kita sudah sampaikan kapasitas penonton cuma 70 ribu. Animo masyaratkan terlalu besar, kita koordinasi dengan pihak kepolisan dan sebagainya. Panpelnya kan dari piala Presiden, giant screen (layar besar) sudah disiapkan (untuk menonton di seputaran stadion), pasukan keamanan juga sudah disiapkan," sambungnya.

Persija Sesali Aksi Perusakan GBK oleh SuporternyaPenampakan GBK usai pertandingan final Piala Presiden 2018 (Grandyos Zafna/detikSport)

"Pemain, kepolisan, dan semuanya sudah memberi edukasi. Apapun yang terjadi sudah mengurangi nilai kemenangan kita. Padahal jika penonton tertib akan sangat bagus sekali."

Mewakili Persija, Gede pun meinta maaf kepada publik dan terutama pihak pengelola GBK atas kerusakan yang terjadi.

"Yang bisa kita sampaikan permintaan maaf dan yang kami bisa sampaikan agar The Jak Mania dan pengurus memberi edukasi kepada suporternya agar menjaga fasilitas stadion saat menonton," tutup Gede.



(mrp/nds)

FOKUS BERITA: GBK Dirusak
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed