DetikSepakbola
Sabtu 14 Juli 2018, 17:47 WIB

Piala AFF U-19

Kalahkan Thailand, Indonesia Rebut Tempat Ketiga Piala AFF U-19

Suparno - detikSport
Kalahkan Thailand, Indonesia Rebut Tempat Ketiga Piala AFF U-19 Kalahkan Thailand, Indonesia Rebut Tempat Ketiga. (Foto: Suparno/detikSport)
Sidoarjo - Indonesia mengakhiri perjalanannya di Piala AFF U-19 dengan merebut tempat ketiga. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Thailand 2-1.

Indonesia berhadapan dengan Thailand di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018) sore WIB. Pelatih Indra Sjafri tak memasang Egy Maulana Vikri dalam kesempatan ini. Egy mengalami cedera saat kalah dari Malaysia di semifinal.

Garuda Muda lebih banyak tertekan di babak pertama. Thailand lebih dulu mendikte Indonesia dengan permainan umpan-umpan pendeknya.

Kalahkan Thailand, Indonesia Rebut Tempat Ketiga Piala AFF U-19

Indonesia sesekali menekan lewat serangan balik. Peluang emas didapat pada menit ke-25 lewat tembakan Syahrian Abimanyu, namun bola masih sedikit melenceng dari target.

Permainan Indonesia mulai meningkat setelah berjalan 30 menit. Garuda Muda mampu mengurung lawan dan sesekali melepaskan tembakan.

Kerja keras Indonesia berbuah hasil di menit ke-35. Feby Eka Putra melesakkan gol setelah menusuk ke kotak penalti Thailand dari sisi kiri. Tak ada gol tambahan hingga turun minum. Indonesia memimpin 1-0.

Thailand langsung menekan Indonesia di awal-awal babak kedua. Matee Sarakum membuat ancaman di menit ke-47 dengan melepas tembakan dari jarak dekat, namun bola bisa ditepis Muhammad Aqil Savik.

Thailand terus berusaha menekan Indonesia, namun beberapa kesempatan gagal berbuah gol karena penyelesaian akhir yang kurang tenang.

Unggul satu gol belum bikin Indonesia puas. Pelatih Indra memainkan Egy, yang sempat cedera di semifinal. Egy masuk pada menit ke-60 untuk menggantikan Feby Eka.

Egy mendapat peluang emas pertamanya di menit ke-79. Mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, Egy melepaskan tembakan, namun bola masih sedikit melambung di atas mistar gawang.

Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-82. Abimanyu melepas tembakan mendatar ke pojok kanan bahwa kiper. Bola meluncur deras tanpa bisa dijangkau Napphon Lakhompton

Thailand langsung merespons dengan mencetak gol ke gawang Indonesia di menit ke-85. Matee Sarakum mengubah skor menjadi 1-2 dengan menaklukkan Aqil, yang sejauh ini main oke.

Thailand terus menggempur di sisi waktu. Sementara itu, Indonesia bertahan dengan sangat baik. Tak ada gol tambahan hingga laga usai. Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 2-1.

Susunan Pemain:

Thailand: Napphon Lakhompton; Kittach Prankthi, Nattawut Chootwat, Sittichok Paso, Matee Sarakum, Suphanat Mueanta, Sakunchai Saengthopho, Kritsana Daokrajai, Pithak Phaphirom, Thirapak Prueangna, Anusak Jaiphet.

Indonesia: Muhammad Aqil Savik, Kadek Raditya Maheswara, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Muhammad Rafli Mursalim, Muhammad Rifad Marasabessy, Feby Eka Putra, Syahrian Abimanyu, Todd Rivaldo Alberth Ferre, David Kevin Wato Rumakiek.


Saksikan juga video 'Asian Games dan Piala Dunia Bagi Luis Milla':

[Gambas:Video 20detik]


(ran/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed