DetikSepakbola
Minggu 12 Agustus 2018, 21:40 WIB

Stefano Lilipaly Solusi Lini Depan Timnas U-23

Lucas Aditya - detikSport
Stefano Lilipaly Solusi Lini Depan Timnas U-23 Stefano Lilipaly merayakan gol Indonesia ke gawang Taiwan di laga Asian Games 2018. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bekasi - Timnas Indonesia U-23 akhirnya menemukan jawaban masalah lini depan di ajang Asian Games 2018. Solusi itu ada dalam diri Stefano Lilipaly.

Saat bertanding di pertandingan Grup A Asian Games 2018, Indonesia mampu mengawali dengan kemenangan. Hasil meyakinkan didapat saat menghajar Taiwan dengan skor 4-0.

Lilipaly menjadi bintang lapangan dalam pertandingan di Stadion Patriot Chandrbhaga, Bekasi, Minggu (12/8/2018) malam WIB. Dia membukukan dua gol dan satu assist. Gol dari Alberto Goncalves merupakan buah dari kreasi pemain Bali United itu. Satu gol lainnya dibukukan oleh Muhammad Hargianto.

Sebelum Asian Games 2018 dimulai, pelatih Garuda Muda, Luis Milla, kesulitan menemukan penyelesai peluang. Beberapa pemain sempat dicoba, Ilija Spasojevic hingga Ezra Wallian contohnya.

Buruknya lini depan itu tampak dalam ajan PSSI Cup pada 27 April-3 Mei 2018. Indonesia tak mampu menang sekali pun dalam tiga laga, dengan rincian sekali imbang dan dua kali menelan kekalahan. Lebih malangnya lagi, tim Merah-Putih tak bisa menyarangkan gol ke gawang lawan.




Pasca itu, Milla mencoba striker baru. Beto dipanggil. Dua pertandingan ujicoba melawan Thailand juga masih menunjukkan perbaikan performa lini depan. Sementara itu, Lilipaly menunjukan performa yang oke bersama Bali United. Dia menunjukkan ketajaman dengan 10 gol yang dibikin.

Milla pun memanggil Lilipaly pada pertengahan Juni 2018. Laga melawan Korea Selatan menjadi momen pemanggilan Lilipaly itu.

Keputusan Milla memanggil Lilipaly menunjukan hasil di pertandingan melawan Taiwan. Setelah tertahan di babak pertama, Lilipaly menjadi pemecah kebuntuan. Dia menyundul dengan jitu umpan dari Febri Hariyadi untuk membobol gawang Taiwan di menit ke-67.

Empat menit berselang, sebuah sodoran matangnya memudahkan Beto menggandakan keunggulan Indonesia. Lilipaly kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-76, via tendangan salto. Umpan dari Rezaldi Hehanussa menjadi awalnya.

Dengan kemenangan besar ini, Milla bisa bernapas lega. Permasalahan lini depan sejak April lalu sudah terselesaikan.







(cas/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed