DetikSepakbola
Senin 13 Agustus 2018, 22:13 WIB

PT LIB Berencana Bikin Regulasi Klub Liga 1 Tanpa Striker Asing

Randy Prasatya - detikSport
PT LIB Berencana Bikin Regulasi Klub Liga 1 Tanpa Striker Asing Dua pemain depan timnas Indonesia, Stefano Lilipaly dan Beto Goncalves. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) punya rencana untuk mewajibkan klub di Liga 1 memakai striker lokal. Itu tak lepas karena Tim Nasional Indonesia krisis striker.

Timnas Indonesia beberapa tahun belakangan kesulitan mendapatkan striker lokal yang haus gol. Klub-klub di level kompetisi liga tertinggi Indonesia lebih suka menggunakan striker asing.

Untuk menyiasati permasalahan mendapatkan striker lokal berkualitas, LIB ingin membuat regulasi baru untuk kompetisi 2019, yang salah satunya melarang klub memakai striker asing.

"Itu masih tahap rencana dan masukan juga dari klub Liga 1 2019," kata COO PT LIB, Tigorshalom Boboy, dalam bincang-bincangnya dengan wartawan.

Sejauh ini pemain lokal tersubur hanyalah Stefano Lilipaly di Bali United dan Samsul Arif di Barito Putera dengan 10 gol.




"Pemain lokal yang tersubur hanya dua, Lilipaly dan Samsul Arif. Lilipaly pun juga pemain naturalisasi," sambung Tigor.

"Kami juga akan meminta masukan ini kepada klub karena kompetisi itu tentu saja untuk menghasilkan pemain-pemain terbaik untuk timnas Indonesia."

"Regulasi musim depan pemain asing tidak boleh di lini depan bisa saja terjadi karena ini juga untuk timnas Indonesia. Kapan terakhir kita punya penyerang berkualitas?" keluhnya.

Pada Liga 1 2018, LIB membuat regulasi 3+1 pemain asing. Tiap klub hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga pemain asing saja. Bisa melakukan penambahan satu pemain lagi, namun wajib berasal dari negara-negara Asia anggota AFC.






(ran/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed