ADVERTISEMENT

Persik Dukung George Toisutta, Sutiyoso Mungkin jadi Alternatif

- Sepakbola
Kamis, 07 Apr 2011 01:17 WIB
Kediri - Persik Kediri berencana mendukung George Toisutta dalam bursa pencalonan untuk posisi Ketua Umum PSSI. Jika ia tak lagi bisa maju, Sutiyoso mungkin bakal dijadikan alternatif.

Pencalonan George Toisutta sebelumnya sudah dinyatakan gugur oleh Komisi Banding. Terkait hal itu, FIFA juga sudah menegaskan dukungan atas keputusan tersebut.

Hal inilah yang kemudian diyakini akan membuat usaha Jenderal TNI AD tersebut untuk kembali masuk bursa, tidak bakal berjalan mulus. Persik sendiri masih berharap ia bisa kembali dicalonkan.

"Saya rasa keputusan FIFA belum final, masih bisa diubah. Mereka kan belum mendengarkan penjelasan sebenarnya mengenai nama-nama bakal calon yang sebelumnya mencalonkan," kata Sekretaris Umum Persik Barnadi saat berbincang dengan detiksurabaya.com di Sekretariat Persik di Jl.Diponegoro, Rabu (6/4/2011).

Dalam usaha tersebut, Barnadi pun menyebut tugas itu akan diemban oleh Arya Whisnu, pengganti Samsul Ashar, dalam Komite Normalisasi. Ia dinilai mampu menyampaikan penilaian tentang sosok George Toisutta yang sebenarnya.

"Ini bukan keinginan kami saja, tapi banyak pemilik suara yang memang menganggap Pak George masih layak dicalonkan," lanjutnya.

Jika pun usaha itu nantinya kandas, Persik sudah ancang-ancang menjagokan Sutiyoso yang mantan Gubernur DKI dan juga pernah memimpin Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Namun, hal ini baru sebatas wacana karena belum ada pembahasan khusus.

"Pak Sutiyoso-nya sendiri kan juga belum secara resmi mencalonkan, jadi ya ditunggu saja. Nanti kami sudah dukung dia ternyata nggak mencalonkan, malah lucu jadinya," ujar Barnadi sambil terkekeh.

Yang menarik, meski belum secara gamblang mengusung Sutiyoso, Barnadi sudah membeberkan sejumlah keunggulan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Menurutnya, Sutiyoso yang juga pensiunan TNI AD, memiliki kecakapan dalam memimpin organisasi sepakbola. Ini salah satunya ditunjukkan dengan kesuksesannya menangani Persija Jakarta.

Sementara Manajer Persik Sunardi mengakui tidak tertutupnya kemungkinan Persik mengusung kandidat lain di luar George Toisutta. Namun, ia juga masih berharap George Toisutta bisa kembali masuk bursa.

Didesak mengenai nama-nama kandidat alternatif, Sunardi enggan memaparkan. Ia hanya menyebut, Persik menginginkan sosok Ketua Umum PSSI mendatang memiliki ketegasan mengambalikan persepakbolaan ke jalan yang benar.

"Ibarat besi, meluruskan PSSI sekarang ini kan dibutuhkan orang yang memiliki ketegasan. Visi misinya jelas, tegas dalam memimpin dan independen. Kalau tidak, nanti yang terjadi PSSI malah semakin bengkok," ulas Sunardi.




(krs/arp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT