sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2013 22:45 WIB

Laga Persahabatan

Indonesia Kalahkan Filipina Dua Gol Tanpa Balas

- detikSport
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Solo - Indonesia memetik kemenangan 2-0 atas Filipina dalam laga friendly internasional yang dilangsungkan di Stadion Manahan, Solo, Rabu (14/8/2013) malam WIB.

Greg Nwokolo menjadi pencetak gol pertama 'Merah Putih' melalui sontekannya di menit ke-31. Skor 1-0 bertahan sampai dengan turun minum.

Di paruh kedua laga, Indonesia berhasil menambah satu gol lagi. Kali ini gol dibuat oleh M. Robby ketika pertandingan memasuki menit ke-67.

Jalannya Pertandingan

Indonesia tampil mendominasi permainan di babak pertama. Dua peluang pertama yang dipunya Indonesia datang dari tendangan jarak jauh Stefano Lilipaly di menit delapan dan 10, namun dua upaya tersebut sama sekali tak membahayakan gawang Filipina karena bola melayang terlalu tinggi.

Di menit 15 Indonesia kembali punya peluang setelah membangun serangan balik cepat. Namun tembakan Boaz Solossa dari pinggir kotak penalti masih melayang tipis di atas gawang tim tamu. Satu menit berselang Greg Nwokolo mencoba melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, dalam upayanya itu dia terjatuh namun wasit menganggap tidak terjadi pelanggaran.

Serangan demi serangan yang dibangun Indonesia akhirnya membuahkan hasil di menit 32. Dari dalam kotak penalti Lilipaly melepaskan umpan ke tiang jauh dan berhasil sampai ke Nwokolo yang berdiri tanpa kawalan. Sontekan Nwokolo dari jarak dekat mengubah skor jadi 1-0.

Setelah unggul 1-0 Indonesia punya beberapa kesempatan menambah jumlah golnya. Namun peluang-peluang yang dipunya Boaz dan Greg gagal dituntaskan menjadi gol.

Dua menit sebelum turun minum Filipina nyaris menyamakan kedudukan. Namun tandukan pemain Filipina dari dalam kotal penalti tidak menemui sasaran.

Di awal babak kedua Filipina langsung berusaha menekan. Phil Younghusband berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang Indonesia meski arahnya tepat ke kiper I Made Wirawan.

Di menit ke-52 Indonesia melakukan serangan cepat. Boaz lalu menguasai bola dan melepaskan tendangan walaupun si kulit bundar masih bisa diblok pemain lawan dan menjauhi sasaran.

Enam menit kemudian Greg Nwokolo beraksi di kotak penalti Filipina. Dibayangi pemain lawan ia kemudian menggiring bola untuk mencari celah sebelum kemudian melepas tembakan. Namun, arah bola masih melebar tipis dari bidang sasaran.

Indonesia akhirnya menggandakan keunggulan di menit ke-67. Diawali dari sepak pojok yang diambil oleh Ahmad Bustomi, laju bola lalu diteruskan Tibo sebelum akhirnya ditanduk M. Robby untuk membuat kedudukan berubah menjadi 2-0.

Tujuh menit sebelum bubaran, Filipina melakukan serangan balik. Di area penalti Indonesia Younghusband lalu melepaskan tembakan meski arahnya masih melebar dari gawang Indonesia.

Serangan cepat ganti dilakukan Indonesia di menit ke-87. Dari sisi kanan Andik Vermansyah melepaskan umpan terukur buat Patrich Wanggai yang ada di kotak penalti. Namun, penyelesaian akhir Wanggai masih belum tepat sasaran.

Tepat sesaat sebelum peluit akhir dibunyikan, Wanggai melepaskan tembakan keras yang mengarah ke gawang Filipina. Kiper tampak bisa tipis menepis bola yang lantas membentur tiang.

Susunan Pemain Indonesia: I Made Wirawan; M. Roby, Victor Igbonefo, Ruben Sanadi, Hasyim Kipuw (Yustinus Pae 90'); Ahmad Bustomi (Vendri Mofu 90'), M. Taufiq (Andik Vermansyah 79'), Raphael Maitimo, Stefano Lilipaly (Nur Cahyo 76'); Greg Nwokolo (Titus Bonai 66'), Boaz Solossa (Patrich Wanggai 75')





(mbr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed