sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Jan 2015 16:45 WIB

Rapat dengan Komisi X, Ketum PSSI Bangga Bisa Datangkan Klub-klub Asing

- detikSport
Jakarta - Komisi X DPR RI hari ini mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum dengan PSSI. Saat paparan, Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin membanggakan pencapaian prestasi Persipura hingga keberhasilan mendatangkan klub dunia ke tanah air.

"Tim juara Liga Super 2013, Persipura melaju ke Semifinal. Ini luar biasa, terimakasih buat Persipura," kata Djohar di ruang Komisi X DPR, komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/1/2015).

"Dan, berkat kepengurusan juga, banyak tim kelas dunia yang berkunjung ke Indonesia. Ini akan terus kami tingkatkan," tambahnya.

Selain itu Djohar menambahkan kebijakan kepengurusannya yang baru membuat kebijakan adanya pembatan pemain asing di kompetisi musim 2015. Hal ini diperkuat dengan peraturan larangan pemain asing tidak boleh berlaga di bawah level liga super yaitu Divisi Utama, Divisi Satu, dan seterusnya.

Selain pembatasan, kebijakan ini untuk membantu keuangan klub agar tidak boros dalam mengeluarkan anggaran dalam pemain asing.

"Kebijakan ini untuk membatasi jumlah pemain asing. Klub juga bisa selektif dalam keuangannya. Di ISL hanya tiga pemain asing, Divisi Utama dan seterusnya tidak boleh pakai pemain asing," tuturnya.

Adapun Anggota Komisi X, Anas Thahir menyindir PSSI yang tidak tegas dalam mafia sepakbola. Misalnya seperti kasus sepakbola gajah antara PSIS versus PSS Sleman, belum lama ini. Sanksi hanya dilakukan terhadap pemain dan bukan mencari tokoh penyebab utamanya.

"Pemain itu 'kan wayang, Pak. Kenapa bukan cari dalangnya? Kalau mau pembenahan harus lebih tegas," ujar politisi PPP itu.

RDPU ini dipimpin Ketua Komisi X Teuku Riefky Harsya (Fraksi Demokrat) yang didampingi Wakil Ketua Komisi X Sohibul Iman (FPKS). Rencananya, rapat ini membahas kinerja PSSI dalam memajukan persepakbolaan nasional.

(hat/a2s)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com