DetikSepakbola
Rabu 28 Oktober 2015, 22:25 WIB

Diduga Lakukan Pencurian Umur, Tim Peserta Liga Santri Nusantara Ini Membantah

Amalia Dwi Septi - detikSport
Diduga Lakukan Pencurian Umur, Tim Peserta Liga Santri Nusantara Ini Membantah
Jakarta -

Kick-off babak 16 besar Liga Santri Nusantara telah bergulir. Namun, liga yang dibuat oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) ini diwarnai kabar tidak sedap: Ada tim yang diduga melakukan pencurian umur.

Adalah tim PP Nurul Islam Jember, Jawa Timur, yang delapan pemainnya dicurigai berusia lebih dari 17 tahun. Padahal syarat ketentuan peserta LSN adalah pemain yang usianya di bawah atau sama dengan 17 tahun, mengingat Liga Santri Nusantara merupakan kompetisi U-17.

Dugaan tersebut pertama kali dilontarkan oleh Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON). Mereka melontarkan dugaan pencurian umur itu berdasarkan hasil pemeriksaan Tim dokter RSON terhadap gigi dan kondisi fisik lainnya.

"Namun kami hanya merekomendasikan, hasilnya tetap di tangan panitia pusat LSN " ungkap dokter dari RSON, dr. Hendra.

Atas rekomendasi dari RSON tersebut, delapan pemain PP Nurul Islam tersebut tidak diperbolehkan tampil membela timnya pada laga perdana melawan tim PP Al Anwar Blora di Stadion Sutasoma, Jakarta, pada Rabu (28/10) ini.

PP Nurul Islam langsung membantah dan melakukan protes ke komisi banding pengurus pusat LSN. Menurut manajer Nurul Islam, Abdurahman, semua pemain timnya berumur 17 tahun. Bahkan dia menyebut ada yang masih berumur 16 tahun. Hal itu dapat dibuktikan dengan ijazah asli dan kartu keluarga (KK).

"Kami sudah melakukan protes, baik kepada panitia pusat dan kepada dokter RSON," ujar Abdurrahman.

Liga Santri Nusantara merupakan turnamen yang diikuti oleh pondok pesantren dari 10 provinsi di Indonesia dan dibagi dalam 16 zona. Nantinya juara-juara antarzona lolos ke babak berikutnya dan berhak masuk 16 besar yang dibagi empat grup. Babak 16 besar sendiri sudah berlangsung hari ini.

Kemenpora mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan LSN ini adalah rangkaian kegiatan Menpora untuk mencari bakat pemain lokal dan menyemarakkan sepakbola.




(mcy/roz)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed