DetikSepakbola
Jumat 15 April 2016, 18:55 WIB

APBD Bakal Boleh Dipakai Biayai Klub Lagi, Khusus Amatir

Ray Jordan - detikSport
Jakarta - Salah satu hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan perwakilan Asprov dan klub adalah bakal dicabutnya larangan penggunaan APBD untuk membiayai klub sepakbola.

"Dalam waktu dekat ini akan ada Ratas (rapat terbatas) untuk mengevaluasi Permendagri (peraturan menteri dalam negeri) pelarangan APBD untuk sepakbola," ungkap Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

Rencana pencabutan pelarangan penggunaan APBD untuk membiayai klub sepakbola muncul setelah Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan perwakilan Asprov dan klub-klub yang berlada di ISL serta Divisi Utama, Jumat (15/4/2016) sore tadi, di Istana Negara.

Rencana pencabutan tersebut akan lebih dulu dibahas secara mendetil demi menghindari peluang terjadinya penyalahgunaan. Selain itu nantinya juga akan dibuat batasan-batasan tegas soal penggunaan dana APBD untuk sepakbola tersebut. Salah satunya adalah ketentuan bahwa dana APBD hanya akan diperuntukkan bagi klub amatir.

"Maka presiden mengatakan Permen itu akan dicabut, tetapi tentu akan dibahas detil di ratas yang akan datang. Detil dalam artian tidak boleh disalahgunakan APBD itu dan harus ada persentase yang jelas dan masuk akal. Katakanlah kalau anggaran 100 miliar, tidak mungkin dong 30 miliar untuk bola, tapi mungkin hanya beberapa persen dari APBD itu," terang Imam.

"Tapi untuk sepakbola amatir, bukan profesional," lanjut Imam saat ditanya wartawan soal penggunaan dana APBD untuk klub sepakbola adalah sebuah langkah mundur.

Sampai tahun 2012 lalu klub-klub masih menggunakan dana APBD untuk membiayai kehidupannya. Kebijakan tersebut mengundang protes dari suporter dan LSM Antikorupsi karena banyak potensi penyimpangan dalam proses pencairan.

Penggunaan APBD untuk membiayai kehidupan klub kemudian dilarang melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 tahun 2011. Ketika itu Mendagri dijabat oleh Gamawan Fauzi.

Rencana Presiden Jokowi mencabut peraturan menteri soal larangan penggunaan APBD untuk membiayai klub sepakbola ditanggapi positif oleh klub. Demikian diungkapkan perwakilan klub yang hadir, Umuh Muchtar (manajer Persib Bandung) .

"Yang lain ada juga yang memohon, karena klub-klub sekarang banyak juga klub kecilnya. Dari Asprov ada juga yang mengajukan dan mohon dibantu lagi APBD yah, mudah-mudahan bisa dikembalikan, dicabut dan bisa dibantu. Pak presiden mengatakan Insya Allah akan secepatnya dibantu. Dan itu membuat senang para klub yg hadir," ucap Umuh.


(jor/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed