DetikSepakbola
Jumat 26 Agustus 2016, 22:18 WIB

Imbang Lawan PSIM, Timnas U-19 Dapat Ujian Mental

Amalia Dwi Septi - detikSport
Bantul - Tim nasional Indonesia U-19 berimbang 2-2 kala beruji coba dengan PSIM Yogyakarta. Tertinggal lebih dulu, timnas U-19 dinilai mendapatkan ujian mental.

Pada laga ujicoba yang digelar di Stadion Sultan Agung, Bantul, Jumat (26/8/2016), timnas tertinggal 0-2 lebih dulu. Namun skuat 'Garuda Muda' berhasil menyamakan kedudukan lewat Muhammad Rafli dan Alwi Slamat.

Pada babak pertama kedua tim bermain dengan tempo yang tinggi. Namun, PSIM terlihat lebih mendominasi. Mereka langsung melakukan serangan demi serangan.

Tingginya tempo permainan lantas membuat salah satu penggawa timnas U-19 melakukan pelanggaran di kotak terlarang dan wasit memberikan penalti bagi PSIM. Kiper timnas Awan Setho sukses mengagalkan penalti tersebut

PSIM terus melakukan serangan dan sukses menembus sisi kanan pertahanan timnas. Juni Riyadi yang mendapatkan umpan dari Muhammad Rifki akhirnya mampu membobol gawang timnas U-19 pada menit 26. Skor menjadi 1-0 untuk PSIM.

Unggul satu gol, membuat PSIM makin percaya diri dengan terus memborbardir pertahanan timnas U-19. Alhasil, sesaat sebelum turun minum PSIM mampu menambah keunggulan menjadi 2-0, kembali melalui gol Juni Riyadi.

Pada babak kedua, Edu melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Pandi Lestaluhu, Edo Febriansah, dan Ibrahim Sanjaya.

Permainan timnas U-19 terlihat lebih tenang dan rapi di babak kedua. Anak asuh Edu akhirnya sukses mencetak satu gol melalui sepak pojok yang diteruskan dengan tandukan Rafli pada menit 50.

Mampu mencetak satu gol, membuat timnas U-19 lebih percaya diri. Lima menit jelang pertandingan usai, timnas U-19 berhasil menyamakan kedudukan kedudukan menjadi 2-2 yang dicetak oleh Alwi Slamat.

"Babak pertama selalu ada masalah, harus dicari ini penyebabnya. Babak kedua baru berkembang. Tidak boleh seperti itu. Tapi tertinggal 0-2 dulu ini bagus, shock therapy bagi kami dan menguji mental kami," ujar Edu.

"Evaluasi babak pertama, anak-anak tidak bisa lepas, ini yang kami cari tahu nanti penyebabnya. Pada babak kedua membaik anak anak bermain lepas," imbuhnya.

Usai ujicoba melawan PSIM, timnas U-19 berencana melakukan ujicoba kembali melawan PON Jawa Tengah atau PON Kalimantan Timur.

"Minimal satu kali lagi ujicoba. Untuk uji coba internasional belum ada kabar (dari PSSI)," kata Edu.
(ads/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed