DetikSepakbola
Kamis 14 September 2017, 16:50 WIB

Kemenpora Kirim Tim Sepakbola ke Turnamen di India

Amalia Dwi Septi - detikSport
Kemenpora Kirim Tim Sepakbola ke Turnamen di India Foto: Amalia Dwi Septi
Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga mengirim tim untuk mewakili Indonesia dalam ajang sepakbola U-17 di India, sebagai bagian dari program pembinaan usia dini.

Tim yang akan tampil di ajang Subroto Cup itu berisikan 16 pemain dari SKO Ragunan dan PPLP DKI. Tim tersebut diarsiteki oleh pelatih Rahel Tuassalamony. Pada Subroto Cup, Indonesia tergabung di Grup F bersama Mizoram, Nepal, Assam, dan Gujarat.

Para pemain tersebut dilepas Sesdep III Kemenpora Bambang Laksono, Kabid Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) Jaelani Arifin, dan staf Kemenpora lainnya, di PPIKON, Jakarta, Kamis (14/9/2017).

"Kemenpora terus konsisten meningkatkan pembinaan usia dini dan kini kami mengirimkan tim ke India mengikuti Subroto Cup. Mereka kami seleksi dari SKO Ragunan, tapi nantinya mereka membela nama Indonesia," ujar Bambang.

"Tujuannya memang prestasi, tapi pengalaman yang utama. Karena tidak semua bisa pergi ke India maka Kemenpora berharap para pemain bisa memaksimalkan kesempatan ini. Kami berharap para pemain bisa sukses di sana dan membawa pulang prestasi maksimal," katanya.

Sebelum tampil di kejuaraan tersebut, para pemain telah menjalani persiapan selama satu bulan. Mereka uga telah menjalani sejumlah laga uji coba. Di antaranya menghadapi UNJ yang berakhir dengan kekalahan 1-2, melawan Persija dengan kekalahan 0-2, imbang atas UNSADA 1-1, dan menang 7-1 atas salah satu tim Liga Santri.

"Terpenting para pemain bisa tampil kompak. Jangan mudah terpancing emosi dan bisa memberikan yang terbaik untuk nama Indonesia," ucap Kabid PPLM Jaelani.

Sementara itu, pelatih Rahel mengaku timnya sudah siap. Mantan pemain Persebaya Surabaya itu juga tak mau terlalu memikirkan kekuatan lawan-lawannya.

"Kami persiapan sudah selesai, sekarang fokus untuk menghadapi laga awal nanti. Para pemain sudah dalam keadaan siap bertanding, setelah rangkaian latihan dan ujicoba kami terapkan. Saya optimis mereka bisa berprestasi," kata Rahel.

"Saya fokus pada pemain, kekuatan lawan biar pelatih yang pikirkan, pemain kami siapkan untuk bisa melakoni laga secara maksimal, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan," tutur Rahel.

Sebelumnya, Kemenpora juga sudah mempersiapkan tim-tim lain ke sejumlah ajang internasional. Salah satunya tim pelajar yang diberangkatkan ke Kejuaraan Pelajar Asia U-18 di Iran.



(ads/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed