DetikSepakbola
Jumat 13 Oktober 2017, 20:45 WIB

Adu Jotos di Laga Vs Persewangi, Ini Penjelasan Manajemen PSBK

Erliana Riady - detikSport
Adu Jotos di Laga Vs Persewangi, Ini Penjelasan Manajemen PSBK Persewangi Banyuwangi bentrok dengan PSBK Blitar pada playoff khusus Liga 2. (dok. PSBK Blitar)
Jakarta - Laga playoff khusus Persewangi Banyuwangi dengan PSK Blitar Liga 2 diwarnai adu jotos. Manajemen PSBK menjelaskan situasi di lapangan.

Pertandingan antara Persewangi dengan PSBK itu bergulir di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (10/10/2017). Kedua tim berebut peringkat keempat Grup 6 Liga 2, sebagai syarat untuk mengikuti playoff bertahan di Liga 2.

Pertandingan itu sebagai laga ulangan setelah PSBK dinyatakan ada di urutan kelima oleh PT Liga Indonesia. PSBK dan Persewangi menuai poin sama 18 setelah 12 pertandingan dijalani. Mereka imbang head to head, dengan PSBK unggul agregat 3-2. Persewangi unggul selisih gol di papan klasemen.

Oleh PT Liga, Persewangi yang dinyatakan sebagai peringkat keempat. Urutan ketiga dan keempat babak grup berhak menjalani play off penentuan bertahan di LIga 2 atau terdegradasi.

Tak terima, PSBK melayangkan surat protes kepada PSSI. Oleh PSSI, diputuskan tanding ulang dengan playoff khusus itu.

"Secara head to head, sebenarnya PSBK unggul dibanding Persewangi. Karena saat Persewangi bertanding di Stadion Supriyadi Blitar melawan PSBK kami menang dengan skor 2-0. Namun, saat PSBK tandang ke Banyuwangi, kami kalah 2-1. Ini artinya, kami bisa memasukkan satu gol ke gawang lawan," jelas Yudi Meira, manajer PSBK, saat dihubungi detikSport, Jumat (13/10/2017).

Persewangi vs PSBK Blitar pada playoff khusus diwarnai adu jotosPersewangi vs PSBK Blitar pada playoff khusus diwarnai adu jotos (dok. PSBK Blitar)

"Manager PSBK tentu nggak bisa terima putusan itu dong. Kami melayangkan surat protes ke panitia pelaksana. Nah, waktu ada HUT TNI disini kan hadir juga Ketua PSSI, Bapak Edy Rahmayadi. Kami menitip surat juga dan meminta PSSI turun menyelesaikan masalah ini," dia memaparkan.

Pertemuan dengan Ketua PSSI di Kota Blitar membawa hasil. PSSI melayangkan surat ke PT Liga Indonesia agar diadakan babak Playoff Khusus antara PSBK dan Persewangi dengan beberapa catatan.

"Pertandingan di lokasi netral tanpa penonton. Akhirnya, kami menyusul Persewangi yang sudah sepekan di Malang untuk melaksanakan babak playoff dengan tim lain. Rupanya, mereka nggak bisa terima ini," dia menuturkan.

Laga pun digulirkan. Atmosfer sudah panas sejak awal. Saat pertandingan berlangsung, sudah ada pelanggaran keras pada menit keempat. Pemain belakang PSBK kena sikut pemain depan Persewangi.

"Saat awal pertandingan, mereka hanya menyalami wasit saja. Nggak mau nyalami pemain kami, malah Kaptennya memprovokasi pemain lain sambil teriak-teriak, hajar-hajar begitu. Tapi, ya biarkan asal bisa tanding," dia mengungkapkan.

"Maksud kapten PSBK , dievakuasi dulu pemain yang kesakitan itu. Tapi, Persewangi nggak mau dan minta pertandingan lanjut. Akhirnya, kapten PSBK menanduk Kapten Persewangi," dia menjelaskan.

[Gambas:Youtube]

Walaupun ada sebanyak 50 petugas keamanan di pertandingan itu, namun mereka tidak mampu mengatasi situasi yang makin memanas. Pemain depan Persewangi diganjar kartu kuning. Sementara, kedua kapten mendapat kartu merah dari wasit.

Memasuki menit ke-22 pertandingan sempat dihentikan selama 30 menit, karena pemain Persewangi mendapatkan kartu merah lagi. Namun, saat wasit kembali masuk lapangan, malah dilempari botol air mineral oleh pemain Persewangi.

"Akhirnya, menit ke-88 wasit memutuskan menghentikan pertandingan dengan kemenangan PSBK 1-0. Karena di menit 69, pemain belakang PSBK mampu memasukkan gol ke gawang lawan. Situasi tidak memungkinkan, karena tiga kali wasit masuk lapangan langsung dikeroyok pemain Persewangi, " dia menjelaskan.

Usai pertandingan, PSSI mengeluarkan surat skorsing bagi dua pemain Persewangi pada malam harinya.

"Kapten dan pemain belakang diskor tidak boleh mengikuti tiga kali pertandingan. Dan akibat membuat keributan, Persewangi didenda sebesar Rp 100 juta ," ujar dia.




(fem/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Milan Dihajar Verona, Gattuso: Ini Memalukan

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 22:30 WIB AC Milan kalah telak 0-3 saat bertandang ke Hellas Verona. Pelatih Rossoneri Gennaro Gattuso mengakui hasil ini memalukan untuk timnya.
  • Verona Bungkam Milan 3-0

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 20:31 WIB AC Milan tak berkutik di hadapan tim zona degradasi Hellas Verona. Begitu 90 menit laga tuntas, Rossoneri takluk tiga gol tanpa balas.
  • Foto: Trofi-trofi Madrid di Tahun 2017

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 12:09 WIB Piala Dunia Antarklub menambah koleksi trofi yang direngkuh Real Madrid di tahun kalender 2017. Ada lima piala yang diraih Madrid sepanjang tahun ini.
  • Masa Depan Sepakbola Ada di Kaki Ronaldo

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 19:19 WIB Florentino Perez memastikan Cristiano Ronaldo akan bertahan selamanya di Real Madrid. Ronaldo akan melegenda seperti halnya Alfredo Di Stefano.
  • Tottenham Korban Terakhir Keganasan City

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 08:30 WIB Manchester City belum juga terkalahkan di Premier League musim ini. Tottenham Hotspur baru saja merasakan keganasan City lewat kekalahan dengan skor 1-4.
  • Si Ular Besar Akhirnya Tumbang Juga

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:58 WIB Segala sesuatu ada waktunya termasuk Inter Milan yang akhirnya tumbang juga musim ini. Ini setelah Si Ular Besar takluk 1-3 dari Udinese.
  • Klopp Sulit Mengistirahatkan Salah

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 17:08 WIB Mohamed Salah selalu tampil di setiap pekan Premier League musim ini. Meski berisiko, mengistirahatkan Salah sulit dilakukan manajer Liverpool Juegen Klopp.
  • Benteke Bikin Gol Lagi Setelah Seribu Menit Lebih

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 13:55 WIB Kemenangan Crystal Palace atas Leicester City bermakna istimewa buat Christian Benteke. Di laga ini ia mampu bikin gol lagi setelah puasa seribu menit lebih.
  • Guardiola Kian Dekat ke Rekor Pribadi

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 10:45 WIB Keberhasilan Manchester City memperpanjang rentetan kemenangan sekaligus kian mendekatkan Pep Guardiola, manajernya, ke sebuah rekor pribadinya.
  • Mau Terus Pakai Empat Bek, Wenger?

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 06:39 WIB Arsenal mencatatkan dua clean sheet setelah kembali ke format empat bek. Manajer Arsene Wenger tak menutup kemungkinan untuk memasang empat bek lagi.
  • Icardi: Cepatlah Bangkit, Inter

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:59 WIB Laju Inter Milan tanpa kekalahan musim ini dihentikan Udinese. Mauro Icardi berharap Nerazzurri segera bangkit dari kekecewaan.
  • Ronaldo Belum Habis

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 07:02 WIB Cristiano Ronaldo baru saja mengantarkan Real Madrid memenangi Piala Dunia Antarklub 2017. CR7 seakan menegaskan bahwa dirinya belum habis.
  • Hamsik Samai Rekor Gol Maradona

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 05:19 WIB Sebuah pencapaian istimewa diukir gelandang sekaligus kapten Napoli Marek Hamsik. Hamsik berhasil menyamai rekor gol legenda Napoli, Diego Maradona.
  • Roma Menang Dramatis atas Cagliari

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 04:26 WIB AS Roma sukses mengalahkan Cagliari 1-0 secara dramatis. Federico Fazio mencetak gol kemenangan Roma di akhir masa injury time.
  • SuperCity Sudah Memangsa Tim-Tim Enam besar

    Sepakbola | Minggu 17 Desember 2017, 03:43 WIB Manchester City betul-betul superior. City tak sekadar menciptakan rentetan kemenangan, melainkan sekaligus mengalahkan rival-rivalnya dalam perburuan gelar.