DetikSepakbola
Kamis 02 November 2017, 01:00 WIB

Liga 1

Kapolda Jabar Imbau Bobotoh Tak Berangkat ke Solo

Dony Indra Ramadhan - detikSport
Kapolda Jabar Imbau Bobotoh Tak Berangkat ke Solo ilustrasi bobotoh (Wisma Putra/detikSport)
Bandung - Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengimbau Bobotoh untuk tidak berangkat ke Solo demi menyaksikan laga Persib Bandung versus Persija Jakarta. Polisi mencegah terjadinya gesekan antarsuporter.

Hal itu diungkapkan Agung saat melakukan pertemuan dengan Bobotoh Persib di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Bandung, Rabu (1/11/2017) malam. Kelompok Bobotoh dari Viking, Bomber, The Bombs, dan lainnya hadir dalam pertemuan itu.

"Imbauan kita untuk tidak berangkat," ucap Agung dalam pertemuan tersebut.

Agung mengatakan, selain untuk mencegah gesekan, imbauan agar tidak berangkat menonton langsung juga sesuai kesepakatan yang disetujui PT Liga Indonesia Baru. Kesepakatan tersebut berisi pendukung Persib tidak akan menonton langsung saat Persib bertandang melawan Persija. Hal sebaliknya pun berlaku bagi pendukung Persija.

"Ya itu kesepakatan yang harus disepakati," kata Agung.

Namun, apabila ada Bobotoh yang nekat berangkat, polisi tidak bisa melarang. "Tetap kita berharap agar tidak berangkat. Kita mencegah gesekan. Kalau sampai terjadi (gesekan) ujung-ujungnya pidana, tanggung jawab kita juga," tuturnya.

Sebagai ganti tidak menyaksikan secara langsung di stadion, Agung mempersilakan Bobotoh menggelar nonton bareng (nobar). Polisi siap mengawal acara nobar yang diselenggarakan Bobotoh.

Pentolan Viking, Yana Umar menyebut pihaknya akan menggelar nobar akbar sebagai ganti tidak menyaksikan secara langsung. Nobar akan digelar di Mako Rindam TNI di Bandung.

"Bobotoh silakan kalau mau ikut nonton. Nobar juga digelar dibeberapa tempat lain, puluhan tempat. Tapi fokus utama nobar di Rindam," kata Yana.

Yana menyatakan Bobotoh tidak akan berangkat ke Solo untuk menyaksikan laga big match tersebut. Pihaknya tidak bertanggung jawab apabila ada Bobotoh yang nekat berangkat.

"Kalaupun ada yang datang, kita enggak tanggung jawab karena kita enggak menyediakan fasilitas ke sana. Tapi Insya Allah tidak ada, sudah kita imbau," tandasnya.

Persib Bandung akan menjalani duel panas melawan Persija Jakarta dalam lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 pada Jumat (3/11/2017). Meski Persija menjadu tuan rumah, pertandingan akan dihelat di Stadion Manahan Solo.


(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed