DetikSepakbola
Selasa 21 November 2017, 15:59 WIB

Indra Sjafri Bakal Dipecat? Ini Rapornya di Timnas U-19

Amalia Dwi Septi - detikSport
Indra Sjafri Bakal Dipecat? Ini Rapornya di Timnas U-19 Foto: AFP PHOTO / VISIONSTYLER PRESS / KIM DOO-HO
Jakarta - Nasib pelatih timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri bakal ditentukan pada hari ini, Selasa (21/11/2017). Seperti apa rapor pelatih 54 tahun itu?

Posisi Indra sebagai pelatih timnas U-19 digoyang setelah dua kali gagal di dua turnamen Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Rumornya, PSSI telah memecat eks pelatih Bali United itu.

Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi sempat melontarkan pernyataan bahwa nasib Indra sudah bukan di unjung tanduk lagi. Bahkan, PSSI telah mengantongi sejumlah kandidat pelatih untuk menggantikan Indra.



Seperti diketahui, PSSI menunjuk kembali Indra sebagai pelatih timnas U-19 pada awal tahun 2017 lalu. PSSI memilih Indra tak lepas dari catatan prestasinya yang pernah dia torehkan saat membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 pada 2013 lalu.

Namun harapan besar yang diberikan kepadanya tak terbayar. Pada dua turnamen tersebut Piala AFF U-18 dan Kualifikasi Piala Asia, Egy Maulana Vikri ddk hanya finis di posisi ketiga.

Pada Piala AFF U-18 di Myanmar, timnas U-19 menjadi juara Grup B. Indonesia tampil meyakinkan di laga perdana melawan tuan rumah dengan skor 2-1.

Lalu menghadapi tim-tim yang memang di bawah Indonesia, Egy Maunala Vikri dkk meraih kemenangan telak, menghadapi Filipina 9-0, selanjutnya menang 0-3 dari Vietnam dan 8-0 dari Brunei Darussalam.

Namun langkah skuat Garuda Muda terhenti di babak semifinal setelah takluk dari Thailand melalui adu penalti 2-3.

Sementara di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018, Indonesia mengawali langkahnya dengan kemenangan. Itu pun yang dihadapi adalah tim-tim yang di atas kertas berada di bawah Indonesia.

Indonesia menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Namun ketika menghadapi Korea Selatan dan Malaysia, mereka kalah 0-4 dan 1-4 secara berurutan. Tim 'Merah-Putih' harus puas berada di posisi ketiga Grup F.

Meski sudah dipastikan lolos ke babak final Piala Asia 2018 karena berstatus sebagai tuan rumah, dua kekalahan dari Korea Selatan dan Malaysia seolah menunjukkan Indonesia belum ada apa-apanya, apalagi harus kalah dari musuh bebuyutan, Malaysia.

Jika ditotal, Indonesia hanya meraih lima kemenangan dan empat kekalahan dari dua turnamen tersebut . Timnas U-19 masih kalah saat bertemu dengan tim macam Vietnam, Thailand dan Malaysia.

Kemenangan telak dengan skor besar diraih oleh timnas U-19 saat berhadapan dengan tim yang bisa dibilang berada di bawah Indonesia, seperti Filipina, Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Berikut Catatan Hasil Timnas U-19 Di Bawah Besutan Indra Sjafri, Termasuk Saat Tampil di Turnamen Toulon di Prancis:


Turnamen Toulon
Indonesia 0-1 Brasil

Indonesia 0-2 Rep.Ceko

Indonesia 1-2 Skotlandia


Piala AFF U-18 2017

Indonesia 2-1 Myanmar

Indonesia 9-0 Filipina

Indonesia 0-3 Vietnam

Indonesia 8-0 Brunei

Indonesia 2-3 (0-0) Thailand


Kualifikasi Piala Asia U-19 2018
Indonesia 5-0 Brunei

Indonesia 5-0 Timor Leste

Indonesia 0-4 Korea Selatan

Indonesia 1-4 Malaysia
(ads/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed