DetikSepakbola
Jumat 12 Januari 2018, 13:09 WIB

Stadion Utama GBK Sudah Lebih Ramah Disabilitas

Mercy Raya - detikSport
Stadion Utama GBK Sudah Lebih Ramah Disabilitas Foto: Grandyos Zafna/detikSport
Jakarta - Saat ini Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) sudah dipercantik. Salah satu hasilnya adalah kawasan yang lebih ramah disabilitas.

GBK telah bersolek diri untuk menghajat Asian Games dan Asian Para Games yang sama-sama dilangsungkan pada tahun 2018 ini. GBK pun kini bukan cuma kian cantik tapi juga lebih ramah untuk penyandang disabilitas.

Hal itu di antaranya tercermin dari penambahan sejumlah fasilitas penunjang untuk penyandang disabilitas yang dibuat Adhi Karya bersama Satuan Tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Stadion Utama GBK Sudah Lebih Ramah DisabilitasFoto: Grandyos Zafna/detikSport

"Kami sudah membangun ramp di bagian depan paling bawah tribun utara, barat, dan timur. Ramp itu lah yang nantinya sebagai akses teman-teman yang menggunakan kursi roda untuk duduk di tribun. Kami juga menyiapkan 200 kursi untuk atlet dan para pendamping yang ditempatkan di sana," kata Project Production Manager Adhi Karya Muhamad Ali kepada detikSport.

Sebelum ini Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) 2018 mengatakan GBK sudah lebih ramah disabilitas. Tapi masih perlu penambahan, khususnya soal kursi disabilitas.

"Mereka (INAPGOC) memang mengatakan inginnya total 2.000 kursi. Tapi kami hanya membuat 200 saja. Rencananya kekurangannya akan dipasang portabel. Namun itu yang akan melaksanakan adalah Kemen PUPR," kata Ali menjelaskan.

Stadion Utama GBK Sudah Lebih Ramah DisabilitasFoto: Grandyos Zafna/detikSport

Dari pantauan detikSport, ramp menuju tribun penonton cukup terjangkau. Dari mulai gerbang pintu kuning ada akses jalan menanjak sekitar 5 meter untuk menuju pintu tribun. Dari sana kemudian terdapat dua kursi permanen dengan jarak masing-masing dari dua kursi dengan kursi lainnya cukup jauh. Jarak itulah yang nantinya digunakan untuk kursi roda.

Selain ramp, SUGBK juga memfasilitasi diri dengan lift sebagai akses cepat menuju lantai 3 stadion. Menilik ukurannya, lift yang dibuat pas untuk satu kursi roda.

"Lift berada di sisi timur dan barat masing-masing dua lift. Untuk ukurannya kami tidak bisa perlebar karena lahannya sudah ada, tapi liftnya baru. Jadi menyesuaikan saja," tutur Ali.

Stadion Utama GBK Sudah Lebih Ramah DisabilitasFoto: Grandyos Zafna/detikSport
Pada akhir pekan ini, Minggu (14/1) Stadion Utama GBK akan dipakai untuk menggelar laga persahabatan antara timnas Indonesia dan timnas Islandia. Laga ini sekaligus menjadi momen untuk memperkenalkan GBK yang baru setelah dipoles habis.
(mcy/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed