DetikSepakbola
Jumat 12 Januari 2018, 16:35 WIB

Antisipasi Polisi terhadap Keputusan Persija Bermarkas di Karawang

Luthfiana Awaluddin - detikSport
Antisipasi Polisi terhadap Keputusan Persija Bermarkas di Karawang Kapolres Karawang AKBP Hendy F. Kurniawan bicara mengenai keputusan Persija bermarkas di Karawang (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikSport)
Karawang - Keputusan Persija Jakarta bermarkas di Karawang membuat pihak kepolisian setempat kini mulai menjajaki potensi gangguan keamanan sebagai bentuk antisipasi. Apalagi ada banyak Bobotoh, suporter Persib Bandung, di Karawang.

Persija sudah memutuskan untuk memakai Stadion Singaperbangsa di Karawang sebagai markas. Padahal basis suporter buat Persib, rival berat Persija, sama sekali tidak kecil di tempat tersebut.

"Kami sedang menelaah perkiraan ancaman-ancaman bila Persija ngandang di Karawang. Karena Jakmania cukup militan, sementara di sini juga banyak bobotoh. Secara historikal, keduanya sering terlibat perkelahian atau bentrok," ujar Kapolres Karawang AKBP Hendy F. Kurniawan di Mapolres Karawang, Jumat (12/1/2018).

Menurut Hendy, oknum Jakmania sudah beberapa kali merepotkan polisi. Ia pun tak mau oknum-oknum tersebut berbuat rusuh di Karawang, seperti yang sudah pernah mereka lakukan.

"Ketika saya dinas di Jakarta, (oknum) Jakmania cukup merepotkan polisi yang sedang mengamankan pertandingan. Seorang anggota Brimob pernah jadi korban kebrutalan Jakmania. Ini tentu jadi bahan masukan ke pimpinan. Termasuk ke pemda setempat," kata mantan Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya itu.

Sehubungan dengan itu, Hendy menegaskan pihaknya bakal memberlakukan pengamanan ekstra di setiap laga kandang Persija di Karawang. Itu dilakukan demi mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau Persija jadi ngandang di Karawang, kita akan berikan pengamanan ekstra. Kita tidak boleh underestimate. Kalau jadi, kita harus bangun kesepahaman cara bertindak dengan panpel. Tata kelola stadion juga harus disiapkan," ucap Hendy.



(krs/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed