DetikSepakbola
Rabu 21 Februari 2018, 11:25 WIB

Instruksi Utama untuk Timnas U-19: Ball Possession

Muhammad Idris - detikSport
Instruksi Utama untuk Timnas U-19: Ball Possession Foto: Dok: PSSI
Jakarta - Dalam pemusatan latihan gabungan antara timnas Indonesia U-23 dan U-19, ada sejumlah instruksi dari tim pelatih ke para penggawa U-19. Yang utama adalah ball possession.

Timnas U-23 dan U-19 menjalani pemusatan latihan di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, 18 Februari-25 Februari. Latihan gabungan ditujukan agar kedua tim beda level usia itu memiliki koneksi dan harmoni, yang nantinya memudahkan transisi U-19 ke U-23.


Menurut striker timnas U-19 Hanis Saghara, intruksi pelatih dalam latihan gabungan tersebut adalah penekanan dalam penguasaan bola, serta umpan-umpan yang lebih terukur ke sesama pemain.

"Selalu kuat dengan bola, main agak keras, tapi dengan teman jangan dikenai bola dengan keras. Lebih ke ball possesion," kata Hanis ditemui usai latihan.

Pemain timnas U-19 lainnya, Witan Sulaeman, mengatakan bahwa penguasaan bola selama mungkin merupakan hal yang paling ditekankan oleh tim pelatih dalam pemusatan latihan gabungan tersebut.

"Latihannya nendang bola ke gawang kecil. Terus bagaimana kita kuasai ball possesion. Jangan mudah cepat kehilangan bola, kuasai bola selama mungkin," ujar Witan.

Pemain asal Palu tersebut menuturkan, timnas U-19 baru memulai pemusatan latihan. Sehingga dirinya bersama rekan-rekannya masih perlu adaptasi. Timnas U-19 sendiri dipersiapkan untuk menjalani Piala AFF dan Piala Asia level usia tersebut tahun ini.

"Targetnya pasti juaralah. Kita juga kan lama sekali belum kumpul lagi," tutur Witan.




(idr/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed