DetikSepakbola
Jumat 23 Februari 2018, 20:15 WIB

Utang Tak Kunjung Dibayar, Bhayangkara FC Dukung Pergantian Direksi LIB

Amalia Dwi Septi - detikSport
Utang Tak Kunjung Dibayar, Bhayangkara FC Dukung Pergantian Direksi LIB Foto: Rengga Sancaya/detikSport
Jakarta - Bhayangkara FC mendukung rencana pergantian direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Itu setelah utang-utang kepada klub belum juga lunas.

PT LIB masih memiliki utang kepada klub-klub. Salah satunya, hadiah juara Liga 1 yang seharusnya sudah diterima oleh Bhayangkara FC. Tak hanya itu, uang rating dan sharing belum dibayarkan.

Akibatnya, muncul desakan untuk mengganti jajaran direksi LIB. Para klub tak lagi memercayai LIB. Mereka juga bilang pengurus LIB tidak layak memimpin perusahaan tersebut.

Manajer Bhayangkara FC AKBP Sumardji masih menunggu komitmen dan etikad baik dari LIB untuk membayar tunggakan kepada klub-klub. Bukan tak mungkin klub-klub mendesak agar jajaran direksi diganti karena dianggap tidak profesional dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) pada 8 Maret.

"Yang pasti nanti akan kami bicarakan sama teman-teman 18 klub, saat RUPS. Kami tagih janjinya dan kami akan minta apa yang sudah disampaikan itu dipenuhi," ujar Sumardji.

"Kalau tidak, nanti pastinya teman-teman sudah punya upaya yang lain saat RUPS nanti," dia menambahkan.

Terkait penggantian atau pemberhentian direksi dan dewan komisaris diatur dalam Pasal 105 dan Pasal 119 Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Syaratnya, keputusan tersebut disetujui satu perdua dari pemilik suara.

Dengan demikian, dibutuhkan setidaknya lebih dari 50 persen saham dengan hak suara untuk hadir dalam RUPS tersebut. Setelah itu, direksi dapat digantikan atau diberhentikan saat itu.



(ads/fem)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed