DetikSepakbola
Rabu 21 Maret 2018, 23:46 WIB

Jajaki Stadion Sultan Agung sebagai Kandang, Persija Sudah Temui Bupati Bantul

Usman Hadi - detikSport
Jajaki Stadion Sultan Agung sebagai Kandang, Persija Sudah Temui Bupati Bantul Stadion Sultan Agung pernah dipakai untuk latihan timnas Islandia (Foto: Novitasari Dewi Salusi/detikSport)
Bantul - Bupati Bantul, Suharsono, mengaku ditemui manajemen Persija Jakarta belum lama ini. Dalam pertemuan tersebut, dibahas kemungkinan dipakainya Stadion Sultan Agung sebagai kandang Persija di Liga 1 2018.

Persija belum mendapatkan kepastian stadion yang akan dipakai sebagai kandang mereka untuk berlaga di Liga 1 musim ini. Macan Kemayoran terancam tak bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno dan tiga stadion lain di wilayah Jabodetabek, seperti Patriot Chandrabaga (Bekasi) dan Pakansari (Bogor) karena stadion-stadion tersebut sedang dipersiapkan untuk menggelar Asian Games 2018.

Segala upaya sudah dilakukan manajemen Persija, salah satunya menemui Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, dan berkirim surat kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Mereka berharap diizinkan untuk menggunakan salah satu stadion di wilayah Jabodetabek sebagai homebase.


Jika tak juga mendapatkan lampu hijau, Persija terpaksa akan mengambil opsi terakhir, yaitu bermarkas di Stadion Sultan Agung yang terletak di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"(Manajemen Persija) sudah audiensi ke saya," kata Suharsono sesuai membuka Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Mandala Saba Komplek Parasamya Bantul, Rabu (21/3/2018).

Suharsono menjelaskan, kalaupun nantinya Persija memakai Stadion Sultan Agung, statusnya hanya sementara. Berbeda dengan PS Tira yang beberapa waktu lalu secara resmi telah me-launching Stadion Sultan Agung sebagai homebase-nya.

"Tapi (statusnya) tidak penuh kayak TNI (PS Tira)," lanjutnya.


Jika nantinya Persija memakai Stadion Sultan Agung sebagai kandang, maka ada empat klub yang akan memakai stadion kebanggaan masyarakat Bantul ini. Selain Persija dan PS Tira, ada Persiba Bantul dan PSIM Yogyakarta.

Untuk penggunaan stadion, lanjut Suharsono, nantinya tinggal menyesuaikan jadwal pertandingan masing-masing klub. Menurutnya, padatnya laga di SSA tidak akan menjadi masalah bila tiap jadwal pertandingan diatur dengan baik.

"Nanti kita atur saja, itu kan teknis," jelasnya.

Meski masih terbuka kemungkinan buat Persija memakai Stadion Sultan Agung sebagai kandang, Suharsono menegaskan pihaknya lebih memprioritaskan PS Tira. Sebab, klub berjuluk The Young Warrior tersebut sudah lebih dulu berkomunikasi dengan pihaknya.

"Kalau PS Tira memang sudah dari awal," katanya.


-------

Dapatkan 10 merchandise menarik dari detikcom dengan mengikuti survei ini.



(mfi/rin)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed