DetikSepakbola
Rabu 28 Maret 2018, 23:28 WIB

Gandeng PSSI, Pameran Indonesia Sport Expo and Forum Digelar

Amalia Dwi Septi - detikSport
Gandeng PSSI, Pameran Indonesia Sport Expo and Forum Digelar Pameran Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2018 menggandeng PSSI (Foto: Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Pameran Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) kembali digelar. Kali ini, PT Expotama Sinergi yang menyelenggarakan event tersebut dengan menggandeng PSSI.

Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) tahun ini adalah edisi ketiga dan akan digelar pada 2-6 Mei di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, dengan mengusung tema Be the Future of Sport Business.

ISEF tahun ini akan berkolaborasi dengan PSSI sebagai co-host. ISEF dan PSSI memiliki visi yang sama dalam pengembangan industri olahraga dan peningkatan prestasi olahraga di level internasional.


"PSSI bangga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk kali pertama bekerja sama dengan PT Expotama Sinergi. Lewat momentum ini kami ingin perkembangan industri sepakbola makin baik dan maju. Apalagi di tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, Piala AFF Senior, U-19, U-16, Wanita, Futsal dan sepakbola pantai yang harus kita persiapkan dengan baik," kata Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Jakarta, Rabu (28/3/2018)

"Dalam pameran nanti, PSSI akan mengadakan berbagai macam kegiatan. Di antaranya menggelar seminar, talkshow, coaching clinic, dan pertemuan dengan seluruh pelatih di Indonesia," tambahnya.

Ajang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 juga diharapkan menjadi momentum pertumbuhan ekonomi bagi Indonesia. ISEF bertujuan menjadi salah satu platform pertemuan para pemangku kepentingan untuk industri olahraga langsung bagi sektor swasta dan pemerintah untuk mengembangkan jaringan bisnis.

Tidak hanya untuk pengembangan prestasi, tapi juga industri pendukungnya, termasuk pembangunan infrastruktur serta pengembangan pengelolaan potensi wisata olahraga (sport tourism).


Peningkatan prestasi olahraga harus didukung dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai. Kesuksesan dalam pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana keolahragaan beserta pemanfaatannya memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) olahraga, termasuk kalangan industri peralatan olahraga, pendidikan dan pelatihan, serta penyedia jasa konstruksi infrastruktur olahraga. Infrastruktur, fasilitas yang telah direncanakan dan dibuat harus sesuai dengan standar internasional yang telah ditetapkan.

Sementara itu Raditia Zafir Ahmad, Direktur PT Expotama Sinergi, mengatakan pameran dan forum ISEF 2018 merupakan sebuah bentuk dukungan terhadap perkembangan industri olahraga di Indonesia. Hal ini karena pentingnya performa para atlet untuk menciptakan prestasi yang baik harus didukung dengan sarana dan fasilitas olahraga yang mumpuni.

"Pertumbuhan industri olahraga tentunya akan memunculkan industri kreatif dalam penyediaan sarana dan prasarana olahraga sehingga akan menumbuhkan daya saing baik di industri lokal ataupun internasional," kata Raditia Zafir Ahmad.

Pameran ini juga akan menampilkan produk perlengkapan dan pendukung kegiatan olahraga dengan lima kategori, yang terdiri dari: stadium venue & facilities, sport textiles & material, sport tourism, fitness & health, outdoor & sport equipment.

Pameran dan forum menargetkan pengunjung dan peserta forum terdiri dari kalangan pemangku kepentingan olahraga tanah air dari seluruh Indonesia termasuk konsultan perencana, pengembang, kontraktor, organisasi, pemerintah pusat dan daerah, pengelola kawasan industri, pengelola gelanggang olahraga hingga kampus, sekolah internasional, dan tentunya pegiat olahraga baik atlet, pelatih, pengamat hingga klub pecinta olah raga.

Tak hanya bekerjasama dengan PSSI, ISEF 2018 ini juga didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata, Forum Gelanggang Olahraga Seluruh Indonesia (FORGI), Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC), dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI).


ISEF 2018 juga membuka pendaftaran online secara gratis melalui website www.isef-indonesia.com.



(ads/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed