DetikSepakbola
Jumat 09 November 2018, 22:19 WIB

National Stadium Masih Angker bagi Timnas Indonesia

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
National Stadium Masih Angker bagi Timnas Indonesia Indonesia kalah 0-1 dari Singapura di National Stadium. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Indonesia gagal memutus rekor buruk kala berlaga di National Stadium, setelah kalah dari Singapura di laga pembuka Grup B Piala AFF 2018.

Tim Garuda takluk 0-1 dari Singapura di National Stadium pada laga pembuka Grup B Piala AFF, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Gol tunggal Haris Harun pada menit ke-37 memastikan Singapura meraih tiga poin di kandang mereka.




Kekalahan ini memperpanjang catatan buruk Indonesia kala berlaga di National Stadium pada ajang Piala AFF. Timnas Indonesia tercatat telah tujuh kali bermain di sana pada turnamen Asia Tenggara ini, namun hanya mampu menang sekali.

Satu-satunya kemenangan Indonesia di National Stadium terjadi pada gelaran Piala AFF 2007. Saat itu tim 'Merah-Putih' menang 3-1 atas Laos.

Dengan hasil malam ini, Indonesia total telah empat kali kalah di National Stadium pada ajang Piala AFF. Tiga kekalahan lainnya terjadi pada Piala AFF 1996 di mana Indonesia dua kali menelan kekalahan dan di Piala AFF 2004 saat sekali takluk.




Pada Piala AFF 1996, Indonesia takluk 1-3 di babak semifinal dan 2-3 dari Vietnam pada perebutan peringkat ketiga. Sedangkan di Piala AFF 2004, Indonesia tumbang 1-2 dari Singapura di National Stadium pada laga leg kedua babak final.

Sementara dua laga timnas lainnya di National Stadium di Piala AFF berakhir dengan hasil imbang. Yaitu saat bermain imbang 1-1 dengan Vietnam dan seri 2-2 dengan Singapura pada edisi Piala AFF 2007.




Selain itu kekalahan atas Singapura ini, juga membuat Indonesia punya catatan minor kala bertemu sang tetangga.

Dalam sembilan pertemuan terakhir dengan Singapura, Indonesia hanya mampu menang dua kali, imbang dua kali, dan lima kali mengalami kekalahan.
(raw/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed