sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 14 Mar 2019 23:43 WIB

Jakarta International Stadium Diklaim Lebih Baik Dari GBK

Mercy Raya - detikSport
Stadion GBK saat menggelar pertandingan Persija Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikSport) Stadion GBK saat menggelar pertandingan Persija Jakarta (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta - PT. Jakarta Propertindo mengklaim Jakarta International Stadium (JIS) akan lebih baik dari Stadion Utama Gelora Bung Karno. Fasilitasnya juga tak kalah lengkap.

JIS resmi dibangun sejak kick off dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di lahan Taman BMW, Tanjung Priok. Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019).

Dalam prosesnya, PT. Jakpro akan melakukan pengerjaan secara bertahap. Dimulai perataan tanah, kemudian dilanjutkan dengan mengangkat permukaan struktur tanah. Kemudian bulan kelima baru lah masuk dalam pengerjaan utama. Rencananya pembangunan rampung 22 Juni 2021.

Project Direktor PT Jakpro kata Iwan Takwin usai kick off Jakarta International Stadium (JIS), menyampaikan konsep stadion yang akan dibangun diklaim bakal lebih baik dari Gelora Bung Karno.




"Konsep stadion ini nantinya lebih baik daripada GBK karena spesifikasi desainnya proper. Bukan hanya standar football karena di sini bisa juga dilakukan konser musik," kata Iwan.

"Sementara di atas ada jogging trek, jadi jika masyarakat bisa menikmati bangunan ini dari atas bisa. Atapnya buka tutup jadi orang bisa jalan karena nanti ada paket wisata ada akses yang proper," tambahnya.

Tak hanya itu, luas lahan Taman BMW yang mencapai 22 hektar juga akan digunakan membangun fasilitas rekreasi dan atraksi lain seperti bungge jumping setinggi 60 meter serta rock climbing.




"Maka dari itu kami melibatkan konsultan asing dari Inggris. Mereka biasa mendesain beberapa stadion di Liga Primer. Mereka juga yang mendesain stadion olimpiade Qatar. Jadi banyak ada spesialis master plan, spesialis sirkulasi penonton jadi ada tim ahli, tinggi kemiringan tribun, tangga tribun dan lain-lain," kata Iwan tanpa menjelaskan detail konsultan yang dimaksud.

"Yang jelas, mereka tim desain spesialis stadion. Mereka juga akan membantu perencanaan kawasannya juga. Soal biaya itu nanti ada detailnya di tambahan perubahan anggaran," tuturnya menyoal kontrak kerjasama dengan konsultan asing tersebut.


(mcy/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com