sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Mar 2019 17:25 WIB

Tiga Bulan, PSSI Punya 3 Ketum Berbeda

Randy Prasatya - detikSport
PSSI sudah dipimpin oleh tiga orang yang berbeda dalam waktu tiga bulan. (Foto: Randy Prasatya/detikSport) PSSI sudah dipimpin oleh tiga orang yang berbeda dalam waktu tiga bulan. (Foto: Randy Prasatya/detikSport)
Jakarta - Ketua Umum PSSI telah berganti-ganti dalam waktu tiga bulan. Total ada tiga sosok yang jadi pemimpin PSSI dalam kurun waktu tersebut.

Edy Rahmayadi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2016-2020 dalam Kongres PSSI yang digelar di Hotel Mercure, Jakarta. Pria yang pernah menjabat sebagai Pangkostrad itu juga memimpin sampai Januari 2019.

Edy melepas jabatannya dalam pidato sambutannya dalam Kongres Tahunan PSSI di Bali, Minggu (20/3/2019). Dia mendapat desakan mundur setelah PSSI diterpa isu match fixing dan juga karena merangkap jabatan sebagai Gubernur Sumatra Utara.


Kursi kepemimpinan langsung diteruskan kepada Joko Driyono. Serah jabatan dilakukan Edy pada saat itu juga dan tak lama berselang meninggalkan lokasi kongres.

Belum sampai satu bulan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) PSSI, Joko ditetapkan sebagai tersangka oleh Satgas Anti Mafia Bola. Dia dijerat dengan Pasal 363 KUHP dan atau Pasal 265 KUHP dan atau Pasal 233 KUHP.

Pasal-pasal tersebut pada intinya mengenai tindakan pencurian dengan pemberatan atau perusakan barang bukti yang telah terpasang garis polisi.

Pria yang akrab disapa Jokdri itu tidak langsung ditahan kepolisian. Itu karena Jokdri dinilai bertindak kooperatif, namun dicekal untuk keluar negeri.


Seiring berjalan, PSSI akhirnya memutuskan bakal menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk kepengurusan baru. Keputusan tersebut diambil dalam rapat Komite Eksekutif PSSI yang dipimpin oleh Jokdir di kantor PSSI, Jakarta, Selasa (19/2) malam WIB.

KLB rencananya bakal digelar usai Pemilihan Presiden Indonesia, yang jatuh pada 17 April 2019. Waktu tepatnya PSSI belum menentukan waktu KLB.

Federasi sepakbola yang berdiri pada 19 April 1930 ini lebih dulu bakal membentuk perangkat Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP). Dari situlah nantinya penetapan waktu kongres ditentukan.

Belum sampai KLB, kepemimpinan PSSI kembali berpindah tangan. Jokdri melepas jabatannya dan menunjuk Gusti Randa sebagai Plt Ketum PSSI selanjutnya, Selasa (19/3/2019).

"Iya betul (Plt Ketua Umum). Pak Joko Driyono ini nonaktif karena mau menyelesaikan persoalan yang beliau hadapi," kata Gusti yang dihubungi detikSport.

Gusti nantinya bakal menjabat sampai KLB. Kini, fokusnya saat ini adalah memastikan roda organisasi berjalan lancar dan mempersiapkan KLB.

(ran/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com