sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 25 Mei 2019 00:00 WIB

Timnas Putri Akhiri TC Tahap Pertama

Suparno - detikSport
Timnas Sepakbola Putri dalam latihan di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Suparno/Detikcom) Timnas Sepakbola Putri dalam latihan di Sidoarjo, Jawa Timur. (Foto: Suparno/Detikcom)
Sidoarjo - Timnas Sepakbola Putri Indonesia mengakhiri pemusatan latihan tahap pertama. Training camp itu sudah berjalan sejak awal pekan.

Laga ujicoba dengan Persida Putri Sidoarjo di Stadion Jenggolo, Jumat (24/5/2019), menjadi penutup rangkaian pemusatan latihan itu. Garuda Pertiwi menang 3-0, berkat gol dari Fina Andartih, Anggi Puspita Sari, dan Yudith Sada.

"Ini pertandingan kami yang terakhir dalam rangkaian uji coba di sini. Laga uji coba ini menjadi laga kelima pada rangkaian uji coba. Hari ini semua pemain diturunkan, terutama bagi mereka yang tidak lolos seleksi nantinya, karena seleksi di sini saya sudah menemukan kerangka tim yang pasti untuk dipanggil kembali pada pemusatan latihan tahap kedua sebelum gelaran AFF Wanita di Thailand nanti" kata Rully kepada wartawan selepas pertandingan.




Pelatih 62 tahun ini juga menambahkan bahwa dirinya puas dengan proses dan hasil yang diterima selama seleksi berlangsung. Apalagi dengan berakhirnya seleksi maka dirinya dan tim pelatih sudah mendapatkan pemain yang nantinya akan memperkuat Tim Nasional pada kejuaraan AFF Wanita bulan Agustus nanti.

"Tim sudah terbentuk. Di pertandingan yang sudah dijalani, saya ingin menilai apakah mereka bisa tetap tampil maksimal walaupun dalam keadaan lelah dan berpuasa, serta beberapa hal seperti apakah mereka tetap bisa menjaga konsentrasi dan melakukan semua sesuai instruksi, bagaimana prinsip bermain, bertahan dan menyerang, dan bagaimana organisasi permainan dijalankan," tambah Rully.

Rully juga mengaku seleksi yang dilaksanakan kali ini cukup efektif, karena muncul talenta-talenta sepakbola wanita yang bisa dimaksimalkan untuk menjadi bagian dari Tim Nasional.




"Saya puas, karena selama saya menangani Timnas Wanita, di tahap ini saya bisa menilai secara pasti bahwa tidak ada perbedaan antara pemain-pemainnya, yakni antara pemain yang pernah memperkuat timnas dan yang baru ikut seleksi. Uji coba ini sangat membantu untuk menilai pemain, karena sebelumnya susah untuk menentukan pemain, siapa yang diturunkan dan siapa pengganti atau subsitusinya. Namun diseleksi ini semua terlihat dan sangat membantu menilai penampilan mereka," terangnya.

Sesuai dengan program yang telah dibuat, usai seleksi dan pemusatan latihan di Sidoarjo, rencananya para pemain akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Kemudian pasca lebaran para pemain akan di panggil untuk mengikuti TC ke 2. Dari 36 pemain untuk TC tahap 2 akan menyisakan 24 pemain.

"Tim pelatih akan menyusun nama pemain yang lolos seleksi dan memanggil para pemain terpilih untuk ikut dalam pemusatan latihan tahap kedua, tepat 1 pekan setelah hari raya Idul Fitri yakni pada tanggal 12 Juni 2019," jelas Rully.




(cas/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com