sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 08:48 WIB

Iwan Bule Ingin Bangun Markas Sepakbola Indonesia

Amalia Dwi Septi - detikSport
Komjen Pol M Iriawan memaparkan visi dan misi terkati pencalonan Ketum PSSI 2020 -2024 (Amalia Dwi Septi/detikSport) Komjen Pol M Iriawan memaparkan visi dan misi terkati pencalonan Ketum PSSI 2020 -2024 (Amalia Dwi Septi/detikSport)
Jakarta - Calon Ketua Umun PSSI, Komjen Pol M Iriawan, kembali memaparkan program jika terpilih. Dia ingin membangun markas besar sepakbola Indonesia. Seperti apa?

Gagasan tersebut disampaikan Iwan Bule dalam kegiatan bertajuk "Ngobrol Bareng Bang Iwan Bule" di Crowne Plaza, Jakarta, Rabu (17/7/2019) malam. Kali ini, ada beberapa klub dan Asosiasi Provinsi yang diundang di antara lain Asprov Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua Barat.

Sementara itu, untuk klub yang tampak hadir ialah Persewar Waropen, PSM Makassar, Persiwa Wamena, dan PSBS Biak. Untuk Asprov dan klub yang tak hadir ialah Sulawesi Utara, Papua, Persipura Jayapura , dan Celebes FC.

Dalam pemaparannya, Iwan menawarkan program yang luar biasa dan mendapatkan apresiasi dari para peserta. Salah satunya adalah masalah infrastruktur yang dibangun dalam usaha mendukung kepentingan tim nasional.

Dia memiliki ide untuk membuat Indonesia Soccer Camp yang nantinya bersinergi dengan pemerintah. "Indonesia Soccer Camp ini nanti jadi bentuk program sinergitas pemerintah - PSSI," ujar Iwan.






Tidak hanya itu, PSSI juga harus memiliki fasilitas latihan sendiri. Dia nantinya akan menyiapkan 30 hektar lahan yang masih berada di kawasan Jabodetabek, sebagai markas besar sepakbola Indonesia.

Markas sepakbola Indonesia yang dimaksud adalah kantor PSSI yang nantinya dilengkapi dengan fasilitas lapangan untuk latihan timnas, dan fasilitas pendukung lainnya. Dia yakin gagasannya bisa terwujud.

"Kami akan membangun dan mengelola home base PSSI, seperti tanah dan lapangan fasilitas sendiri, mencapai 30 hektare. Kami juga ingin membangun satu unit kantor PSSI dengan dilengkapi fasilitas sport science," sambungnya.

Keinginan membangun markas tersebut tidak lain karena dia ingin berusaha membawa Indonesia ke Piala Dunia 2026 yang mungkin dianggap sesuatu yang mustahil. Namun, dia percaya diri hal itu bisa terwujud.






"Negara kami memiliki potensi yang luar biasa, ada program usia muda nantinya, yang berorientasi untuk belajar di luar, mengikuti kompetisi di luar, dan tersebar ke negara papan atas sepak bola dunia," tutur pria yang kini menjabat sebagai Sestama Lemhanas tersebut.

"2020 kami mulai modernisasi program pembinaan, 2021 Menggapai juara Asia Tenggara, 2022 mencapai top 10 Asia. Kemudian 2023 mencapai juara Asia dan lolos ke Piala Dunia 2026," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan.

Iwan Bule belakangan kerap turun gunung untuk memaparkan visi dan misinya jika kelak terpilih menjadi Ketum PSSI. Pemilihan ketum baru baru akan dilakukan pada awal 2020.


(ads/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com