sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 06 Okt 2019 17:35 WIB

Jadi Bakal Calon Exco PSSI, Akmal Marhali: Saya dan Najwa Shihab Diminta Maju

Amalia Dwi Septi - detikSport
Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali diminta maju ke pemilihan Exco PSSI. (Guruh-detikcom) Koordinator Save Our Soccer Akmal Marhali diminta maju ke pemilihan Exco PSSI. (Guruh-detikcom)
Jakarta - Pemerhati sepakbola Indonesia Akmal Marhali masuk dalam daftar bakal calon Anggota Komite Eksekutif PSSI. Ia masuk setelah dicalonkan oleh PSM Makassar.

Komite Pemilihan (KP) PSSI merilis daftar nama bakal calon Ketum, Waketum dan Anggota Exco. Khusus anggota Exco, tercatat ada 91 nama bakal calon yang salah satunya adalah Akmal.

Nama Akmal sudah tak asing lagi bagi pencinta sepakbola. Dia merupakan pemerhati sepakbola sekaligus Koordinator Save Our Soccer (SOS), yang kerap mengkritisi kondisi sepakbola tanah air, khususnya kepada PSSI.


"Banyak yang bertanya benarkah saya mencalonkan diri sebagai calon Komite Eksekutif PSSI dalam Kongres PSSI yang akan dilaksanakan pada 2 November 2019? Ini jawaban saya: saya tidak mencalonkan diri, tapi diminta maju untuk pembaruan," ujar Akmal kepada detikSport, Minggu (6/10/2019).

"Cerita singkatnya, Selasa malam, pukul 23.00 WIB, sehari jelang penutupan pendaftaran calon Komite Eksekutif PSSI tiba-tiba telepon saya berbunyi. Tertulis nama Bang Appi (Munafri Arifuddin), Presiden Klub PSM Makassar."

"'Akmal, PSSI butuh pembaruan. Butuh generasi baru. Butuh anak muda yang berpikiran reformis. Saya lihat calon yang ada mutar di situ-situ saja. Saya mau meminta kesediaan Akmal maju bersama Najwa Shihab dan generasi muda lainnya. Saya minta nomor Najwa ya,' begitu Bang Appi memulai pembicaraan," ungkapnya.


Akmal pribadi sebenarnya cukup kaget diminta maju, sebab ia hanya berlatar belakang suporter. Ia juga sempat bertanya, kenapa bukan Munafri saja sekalian yang maju.

Namun CEO PSM itu menjawab fokusnya masih membesarkan PSM, sementara ia melihat ada anak-anak muda yang potensial untuk mengurus PSSI, termasuk Najwa Shihab. Kendati demikian, Akmal pesimistis diloloskan Komite Pemilihan.

Pasal 38 ayat 4 tentang syarat lima tahun aktif di sepakbola menjadi penyebab.


"Kalaupun saya bersedia juga percuma. Saya dan Najwa atau beberapa anak muda yang hendak dicalonkan akan terganjal pasal 38 ayat 4 soal harus aktif di sepakbola dalam koridor PSSI sekurangnya 5 tahun. Itu pasal karet yang selama ini saya kritisi," begitu saya sampaikan hal terburuk. Tidak apa-apa. Maju saja dulu. Ini sebagai simbol reformasi dan regenerasi, kata Bang Appi," tandas Akmal.

Selain Akmal, sejumlah nama-nama meramaikan bakal calon anggota Exco. Di antara lain Tigorshalom Boboy, Hasnuryadi Sulaiman, dan M Kusnaini.

Simak Video "Melongok Calon Lokasi Soccer Camp PSSI yang Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com