Timnas Indonesia U-16 Tanpa Laga Uji Coba dalam TC di Sleman

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 11 Des 2020 12:00 WIB
Bima Sakti, pelatih timnas U-16
Bima Sakti, pelatih Timnas Indonesia U-16. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-16 dipastikan tidak akan melakoni uji coba dengan klub selama training camp (TC) di Sleman. Pandemi Corona yang tak jelas ujungnya menjadi penyebab.

Garuda Asia, julukan buat Timnas U-16, menjalani pemusatan latihan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, sejak 7 Desember lalu.

Adapun agenda yang sudah berlangsung selama empat hari itu antara lain game situation, finishing training, dan organisasi bertahan di sektor belakang.

"Karena kita melihat video kemarin waktu uji coba melawan UEA (Uni Emirat Arab) memang masih banyak kekurangan yang harus kami benahi. Alhamdulillah kita berjalan lancar semua, progres latihan juga positif," kata Bima Sakti, pelatih Timnas U-16, dalam laman PSSI.

Sebuah TC lazim disertai laga uji coba atau latih tanding dengan tim lain. Tapi melihat kondisi pandemi COVID-19 yang tak menentu, Bima memutuskan untuk meniadakan kegiatan tersebut dan memilih internal game buat Timnas Indonesia U-16.

"Sepertinya tidak memungkinkan kami mengadakan uji coba melawan tim atau klub lokal. Kami sangat menjaga itu, jadi kita hanya mengadakan internal game secara mandiri," katanya soal ketiadaan laga uji coba buat Timnas U-16.

"Yang pasti nanti dari setiap latihan dan internal game, kami selalu evaluasi. Karena ada videonya dan kita selalu analisa bersama-sama dengan pemain melihat kekurangan dan apa yang harus diperbaiki dari tim ini," dia menjelaskan.

"Tim mengagendakan adanya internal game di setiap akhir minggu, tepatnya Sabtu besok. Tujuannya untuk melihat perkembangan fisik, kemudian taktik secara individu maupun tim, lalu dari segi taktik permainan tim, semoga bisa lebih baik lagi, terpenting adalah kesehatan para pemain bisa terjaga dengan baik."

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16 akan berlangsung hingga 23 Desember 2020. Rangkaian program latihan Timnas U-16 ini sebagai bagian dari persiapan Jovan Adestya dkk menuju putaran final Piala AFC U-16 di Bahrain awal tahun 2021.

Indonesia merupakan satu-satunya negara dari ASEAN yang tampil pada salah satu turnamen usia muda Asia bergengsi ini dan tergabung di grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina.

(mcy/krs)