sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 28 Des 2020 15:33 WIB

Teknik Dasar Sepakbola dan Penjelasannya, Lengkap

Puti Yasmin - detikSport
Sepak bola jadi kegiatan yang kerap dilakukan oleh anak-anak di pandemi Corona. Masa libur sekolah pun dimanfaatkan untuk asah kemampuan olah kulit bundar. Foto: Rifkianto Nugroho/Teknik Dasar Sepakbola dan Penjelasannya Lengkap
Jakarta -

Sepakbola menjadi salah satu olahraga paling populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat. Untuk memulainya, pemain harus mengetahui teknik dasar sepak bola.

Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan oleh 11 orang. Adapun, permainan ini dilakukan dengan cara menggiring bola menuju gawang sang lawan.

Teknik Dasar Sepak Bola dan Penjelasannya:

  • Teknik Dasar Menendang Bola (Passing)

Menendang dengan kaki ke bagian dalam dilakukan dengan berdiri menghadap ke arah gerakan, kedua lengan agak terentang. Kaki bertumpu di samping bola, lutut sedikit ditekuk, kaki diayunkan ke belakang.

Kemudian, pandangan terpusat pada bola, putar pergelangan kaki keluar. Tarik kaki yang digunakan menendang ke belakang, lalu ayun ke depan, kenakan bola bagian tengah. Saat menendang menggunakan kaki bagian dalam, pindahkan berat badan mengikuti arah gerakan.

  • Teknik Dasar Mengontrol Bola (Trapping)

Mengontrol bola dilakukan dengan badan menghadap arah bola dan badan condong ke depan. Pada saat bola datang, sambut dengan telapak kaki, tumit di bawah. Posisi akhir kaki terangangkat, lutut agak tertekuk dan gerakan bola tertahan oleh telapak kaki.

  • Teknik Dasar Menggiring (Dribbling)

Dalam peraturan sepakbola menggiring bola dilakukan sambil berlari. Kedua kaki dalam atau luar harus bergulir mendorong bola. Lakukan cara ini dengan pandangan ke depan dan kedua tangan rileks.

  • Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

Menyundul bola menjadi salah satu cara memasukkan bola ke gawang lawan. Cara melakukannya dengan menggunakan dahi atau kening secara rileks.

Lekuk kedua lutut sedikit, kemudian saat bola berada di bola berada di atas (berdiri atau meloncat) ambil awalan dengan menarik ke belakang, lalu patukkan ke depan sehingga dahi menyudul bola.

  • Teknik Dasar Shooting

Teknik ini dilakukan dengan empat tahapan. Pertama adalah membuat ancang-ancang sebelum menendang dengan jarak yang efisien, tidak jauh dan tidak juga dekat.

Kemudian, letakkan kaki tumpuan kira-kira satu kepal dengan bola. Jika melakukan shooting dengan kaki kanan, maka kaki kiri sebagai tumpuannya.

Tarik kaki pada jarak yang efisien. Terakhir, tendang bola dengan perasaan, yakni tidak terlalu keras maupun pelan. Perhatikan jarak saat melakukan teknik ini,


Selamat belajar teknik dasar sepakbola!

(pay/pal)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com