Shin Tae-yong Batal Terima Vaksin COVID-19 Gelombang Pertama

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 26 Feb 2021 16:40 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Shin Tae-yong batal divaksin Covid-19 hari ini. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong batal menerima vaksinasi COVID-19 insan olahraga Indonesia gelombang pertama. Aturan Kemenkes penerima vaksinasi Warga Negara Asing (WNA) hambatannya.

Shin semula masuk dalam daftar insan olahraga yang akan menerima vaksinasi pada Jumat (26/2/2021) di Istora Gelora Bung Karno. Namun di hari pelaksanaan, pelatih Korea Selatan itu, tak jadi masuk dalam daftar dari 820 nama yang terdata di Kementerian Kesehatan tahap pertama.

Status itu kemudian dibenarkan Direktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, yang sudah lebih dulu menerima vaksinasi dari pemerintah.

"Ada 50 orang termasuk ofisial dari sepakbola. (Coach Shin Tae-yong) tidak. Kan orang asing, tidak boleh," kata Indra.

Kendati bisa, sebut pelatih berdarah Minang ini, kemungkinan pemberian vaksinasi di gelombang dua. "Tapi coba tanya adminnya (soal ketersedian Shin Tae-yong divaksin). Pasti dia memilih vaksin di negaranya kan?"

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, yang sebelumnya menyatakan Shin masuk dalam rombongan olahragawan yang divaksin di tahap pertama, membenarkan status Shin yang dihapus.

Tapi bukan berarti ia tak bisa divaksinasi di Indonesia. "Karena aturannya dari Kemenkes yang terkait WNA di berbagai sektor belum selesai dirumuskan. Itu tidak hanya terkait dengan kami tapi itu semua," kata Gatot terpisah.

"Tapi enggak apa-apa itu, nanti pasti akan divaksin, tapi menunggu regulasi," ujarnya.

"Shin Tae-yong bakal divaksin di Indonesia karena ini hanya masalah tahapannya. Tapi untuk lokasinya menunggu aturan di Kemenkes dulu. Kami kan mengikuti mereka," kata Gatot menegaskan.

(mcy/cas)