Ada Gempa, Seluruh Pemain PSM Makassar di Malang Selamat

Hermawan Mappiwali - Sepakbola
Sabtu, 10 Apr 2021 18:24 WIB
Pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (tengah) melakukan selebrasi bersama Zulham Zamrun (kanan) dan Saldi (kiri) usai mencetak gol di gawang Bhayangkara Solo FC dalam pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021). PSM Makassar menahan imbang Bhayangkara Solo FC dengan skor akhir 1-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Skuad PSM Makassar dilaporkan selamat saat gempa Malang terjadi. (Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Malang -

Gempa bumi mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Seluruh tim PSM Makassar yang sedang mengikuti Piala Menpora 2021 di sana dilaporkan selamat.

Kabupaten Malang dilanda gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR), Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. Titik koordinat gempa berada di 8,95 Lintang Selatan dan 112,48 Bujur Timur.

Skuad PSM kebetulan sedang berada di Kabupaten Malang guna mengikuti Piala Menpora 2021. Juku Eja sehari sebelumnya berhasil menaklukkan PSIS Semarang lewat adu penalti pada babak perempatfinal di Stadion Kanjuruhan.

Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, mengatakan Yakob Sayuri dkk sedang beristirahat usai memastikan langkah ke semifinal Piala Menpora 2021. Para pemain PSM disebutnya baru selesai makan siang saat gempa terjadi.

"Alhamdulillah tim aman semua, selamat semua, tidak ada korban," ujar Sulaiman kepada detikcom, Sabtu (10/4).

"Tadi selesai makan, kira-kira pukul 14.00 WIB, tiba-tiba terasa gempanya. Pas getaran terjadi pertama ada yang mengira itu karena kereta (api) lewat karena jalur kereta di belakang hotel kita," beber pria yang akrab disapa Sule tersebut.

Namun karena getaran semakin terasa, kata Sule, para pemain mulai menyadari bahwa yang sedang terjadi ialah gempa bumi. Mereka pun mengamankan diri keluar hotel.

"Getarannya cukup lama, karena sekitar 5 menitan lebih itu karena kita di luar hotel, kita masih lihat kaca masih terus bergetar. Jadi kalau tidak salah getaran 3, 4 sampai 5 menit itu," jelas Sule.

Kendati ikut merasakan gempa, Sule memastikan seluruh skuad PSM Makassar selamat. Para pemain juga telah memberi kabar ke keluarga masing-masing.

"Sudah kondusif. Pemain sudah kembali ke kamar hotel masing-masing. Rata-rata tadi mereka semua langsung berkabar ke keluarga mereka masing-masing. Alhamdulillah," katanya.

Kendati ada gempa di Malang, Piala Menpora 2021 tetap digelar. Pertandingan hari ini mempertemukan Persija Jakarta vs Barito Putera di Stadion Kanjuruhan pukul 18.15 WIB.



Simak Video "Malang Lagi-lagi Diguncang Gempa, Netizen: Stay Safe Semuanya"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)