Drawing Piala AFF 2020 di Singapura Resmi Ditunda

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 05 Agu 2021 21:40 WIB
Piala AFF
Drawing Piala AFF 2020 seharusnya digelar bulan ini, namun ditunda. Foto: Dok. AFF Cup
Singapura -

Drawing Piala AFF 2020 yang sedianya digelar 10 Agustus 2021 harus ditunda. Singapura sebagai tuan rumah tak bisa menyelenggarakannya karena situasi COVID-19.

Sebelumnya, kepastian format turnamen ini akan diumumkan pada akhir Juli 2021. Setelah itu digelar babak drawing untuk menentukan pengisi Grup A dan Grup B.

Tetapi, situasi COVID-19 membuat rencana ini batal terlaksana. Beberapa event sepakbola seperti Piala AFC di Singapura juga sebelumnya batal terlaksana. Kini giliran drawing Piala AFF yang ikut terkena dampaknya.

"AFF dapat mengonfirmasi bahwa pengundian grup Piala AFF 2020 resmi ditunda. Tanggal baru pengundian akan diumumkan selanjutnya," tulis pernyataan resmi AFF.

"Singapura telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam menangani pandemi. Kami memahami bahwa pembatasan ini adalah demi keamanan di Singapura dan itulah yang paling penting," kata Presiden AFF Jenderal Khiev Sameth.

"Kami akan terus memantau situasi pandemi dan mengambil keputusan yang sesuai dengan semua kepentingan stakeholder," ujarnya menambahkan.

AFF pada kesempatan sebelumnya menyatakan ingin mempertahankan format lama untuk Piala AFF 2020. Itu sebabnya turnamen diundur sampai 2021. Tetapi AFF akhirnya menyerah juga dan bakal menyesuaikan dengan keadaan.

Sebagaimana biasanya, Piala AFF 2020 nanti tetap akan terdiri dari dua grup. Dua venue akan ditunjuk dan menjadi tuan rumah untuk dua grup itu.

Perubahan format lainnya adalah potensi dihapusnya sistem dua leg babak semifinal dan final. Jika biasanya digelar home-away, babak ini juga bakal digelar di venue netral dan digelar satu leg saja.

Sementara protokol kesehatan akan diterapkan dengan ketat. Semua peserta dilarang bersentuhan dengan pihak luar dan hanya boleh 'berkeliaran' ke lokasi-lokasi yang diizinkan AFF.

Drawing Piala AFF 2020:

Pot 1: Thailand, Vietnam
Pot 2: Indonesia, Malaysia
Pot 3: Filipina, Malaysia
Pot 4: Singapura, Kamboja
Pot 5: Laos, Timor Leste/Brunei (playoff)

(adp/adp)