Jelang Persib Vs Persebaya, Ini Fakta-faktanya

Yudha Maulana - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 16:20 WIB
Persib Bandung berhasil melaju ke babak semifinal Piala Menpora 2021 usai memenangi duel klasik melawan Persebaya Surabaya, Minggu (11/4/2021).

Pius Erlangga/detikcom
Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, ini data-faktanya. (Foto: detikcom/Pius Erlangga)
Jakarta -

Persib Bandung akan berhadapan dengan Persebaya Surabaya di ajang Liga 1 2021 di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta pada Rabu (8/12/2021) malam. Sejumlah fakta menarik pun mencuat jelang duel klasik era Perserikatan itu.

1. Pertahanan Persib Paling Kukuh

Persib Bandung menjadi tim dengan pertahanan terbaik hingga pekan ke-15 BRI Liga 1 2021. Tim asuhan Robert Alberts itu baru kebobolan 9 gol. Rapatnya pertahanan Persib diimbangi dengan produktivitas tim yang cukup tinggi, yakni dengan 24 gol.

Rapatnya pertahanan Persib digalang oleh bek-bek tangguh seperti Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto juga kiper cekatan Teja Paku Alam yang dalam beberapa laga terakhir menunjukkan permainan yang menonjol.

Torehan itu mengantarkan Persib sebagai salah satu tim dengan 'pedang' dan 'perisai' yang terbaik di musim ini.

2. Persebaya Tim Paling Tajam

Lain halnya Persib yang memiliki pertahanan terbaik, Persebaya menjadi tim yang paling tajam atau produktif dalam mencetak gol. Arek-arek Surobaya itu berhasil membukukan 26 gol dalam 15 pertandingan yang dilaluinya.

Bajul Ijo memiliki striker tajam berupaya Taisei Marukawa. Penggawa asal Negeri Sakura itu bahkan telah menyumbangkan 7 gol bagi Persebaya hingga pekan ke 15. Torehannya disusul oleh Jose Wilkson yang telah membukukan 6 gol dan 2 assist.

3. Sama-sama di Tren Positif

Baik Persib atau Persebaya diprediksi bakal tampil all out dalam laga malam nanti. Kedua tim pasalnya berangkat dengan tren positif usai meraih tiga poin dari masing-masing laga terakhirnya. Persib menang tipis dari Madura United 1-0, begitu juga Persebaya yang menang 2-0 dari Barito Putera.

Kedua tim saat ini tengah berjuang untuk memastikan tetap berada di papan atas klasemen hingga akhir musim pertama Liga 1 2021. Saat ini Persib bertengger di peringkat dua klasemen sementara, sedangkan Persebaya berada di peringkat lima.

4. Pertemuan Terakhir Kedua Tim Diwarnai Hujan Gol

Tiga pertemuan terakhir Persib vs Persebaya diwarnai hujan gol. Pada pertemuan terakhir di Piala Menpora 2021, Persib unggul tipis dengan skor 3-2 dari Persebaya. Di tahun 2020, Persib tak bertemu Persebaya sekalipun karena status force majeure (Kahar) kompetisi akibat pandemi COVID-19.

Sedangkan di musim kompetisi 2019, Persebaya menumbangkan Persib dengan skor mencolok 4-0 pada paruh musim pertama. Kemudian dibalas kembali oleh Maung di paruh musim kedua skor yang tak kalah mencolok 4-1.



Simak Video "Kala Bobotoh Kepung Kantor Persib, Buntut Performa Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)