DetikSepakbola
Rabu 31 Oktober 2012, 05:27 WIB

Piala Liga Inggris

Menangi Drama 12 Gol, Arsenal Singkirkan Reading

- detikSport
Menangi Drama 12 Gol, Arsenal Singkirkan Reading Getty Images/Laurence Griffiths
Reading - Arsenal melakukan comeback brilian untuk menyingkirkan Reading. Sempat tertinggal empat gol, The Gunners<\/em> akhirnya menang lewat babak perpanjangan waktu dengan skor akhir 7-5 untuk maju ke perempatfinal.

Bertanding di Madejski Stadium, Rabu (31\/10\/2012) dinihari WIB, Theo Walcott tampil paling bersinar dengan mencetak hat-trick sedangkan Marouanne Chamakh menyumbangkan dua gol lainnya.

Skuad Arsene Wenger ini mengawali laga dengan buruk. Saat laga baru memasuki 37 menit, Reading sudah membobol empat kali masing-masing melalui Jason Roberts, Mikele Leigertwood, gol bunuh diri Laurent Koscielny dan Noel Hunt.

Kemudian Arsenal membalas empat gol melalui Walcott (dua gol), Olivier Giroud, Koscielny untuk memaksakan laga berakhir 4-4 di waktu normal berlanjut dan ke babak tambahan waktu.

Dalam waktu 2x15 menit itu, Arsenal menciptakan tiga gol tambahan lewat Chamakh dan Walcott sedangkan satu gol Reading dibuat Pavel Pogrebnyak.


Jalannya Pertandingan<\/strong>
Di menit ketiga, Reading hampir menghasilkan gol pembuka dari hasil tendangan sudut. Sundulan Sean Morrison coba dihalangi Emmanuel Frimpong tapi bola justru mengenai tiang jauh sebelum diamankan.

Lima menit berselang, ancaman Reading kembali hadir. Kerjasama antara Hal Robson-Kanu dengan Jay Tabb membuat kiper Damian Martinez harus melakukan penyelamatan.

Upaya Reading akhirnya membuahkan hasil di menit 12. Merampas bola dari Andrei Arshavin, Nicky Shorey mengirim operan kepada Noel Hunt untuk diteruskan dengan umpan silang sebelum diceploskan ke gawang oleh Roberts.

Cuma tujuh menit yang dibutuhkan Reading untuk memperbesar skor. Crossing dari sisi kanan pertahanan Arsenal salah diantisipasi oleh Koscielny sehingga bola justru masuk ke gawang sendiri. Reading kini unggul 2-0.

Petaka buat Arsenal. Reading semakin jauh dengan mencetak gol ketiganya di menit 20.

Dari kegagalan mengamankan bola hasil sepak pojok, Mikele Leigertwood melepas sepakan kencang dari kotak. Martinez mencoba menghalau dengan satu tangannya namun bola terlalu deras meluncur.

Gol lagi. Reading 4, Arsenal 0 di menit 37. Tim tuan rumah dengan mudah masuk ke pertahanan Arsenal, Garath McCleary mengirim umpan ke tengah kotak dan disundul Hunt untuk menaklukkan Martinez.

Menjelang turun minum, Arsenal memperkecil skor dari Reading 1-4. Mendapat bola dari Arshavin, Walcott yang dibayangi dua pemain bertahan lawan, mencukil bola yang melewati kiper Adam Federici.

Masuknya Olivier Giroud menciptakan dampak instan. Striker Prancis itu menipiskan jarak setelah sundulann hasil meneruskan umpan Gnabry merobek gawang Federici di menit 64.

Di menit 89, Koscielny menebus kesalahannya dengan menciptakan gol ketiga Arsenal. Dari tendangan sudut Walcott, Koscielny yang tak terkawal menanduk bola yang tak mampu diantisipasi Federici.

Gool! Arsenal selamat. Tepat sebelum peluit tanda laga usai, bola tendangan Walcott bergulir melewati garis gawang sebelum dipastikan menembus jala oleh Carl Jenkinson guna menjadikan skor 4-4 dan berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Arsenal membalikkan keadaan! Marouanne Chamakh menjadikan tim tamu unggul 5-4 di menit 108 setelah tendangannya bersarang ke sudut kanan bawah gawang Reading. Terima kasih kepada Arshavin berkat operannya.

Morrison! Tendangan bebas Shorey ke tiang jauh ditanduk Morrison. Martinez melakukan penyelamatan untuk menghindarkan gawang Arsenal kebobolan.

Reading belum kandas. Di menit 116, Progebnyak menyeimbangkan permainan setelah mencetak gol untuk menjadikan skor kini 5-5.

Gooool! Arsenal kembali memimpin 6-5 di menit 120. Menyisir dari sisi kanan pertahanan Reading, Walcott melepaskan tendangan keras dan sudah melintasi garis gawang tapi sempat dipatahkan Shorey. Bola muntah disambar Carl Jenkinson.

Dua menit kemudian di masa injury time, Chamakh memastikan kemenangan setelah menciptakan gol ketujuh Arsenal yang memanfaatkan kesalahan pemain belakang lawan.


Susunan Pemain<\/strong>
READING: Federici, Gunter, Shorey, Morrison, Gorkss, Leigertwood, Tabb, Robson-Kanu, Hunt (Pogrebnyak 73) Cleary (McAnuff 73), Roberts (Church 90+3)

ARSENAL: Martinez, Koscielny, Djourou, Jenkinson, Miquel, Coquelin, Walcott, Arshavin, Frimpong (Giroud 62), Gnabry (Eisfeld 62), Chamakh

(rin/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed