DetikSepakbola
Kamis 12 Jan 2017, 17:05 WIB

Liga Inggris Pekan Ini

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' di Akhir Pekan

Kris Fathoni W - detikSport
Duel Setan Merah vs Si Merah di Akhir Pekan Foto: Getty Images Sport/Clive Brunskill
Jakarta - Manchester United akan menjamu Liverpool akhir pekan ini. Sengitnya persaingan enam besar Premier League menambah potensi serunya laga 'Setan Merah' versus 'Si Merah' nanti.

Dengan predikat dua klub tersukses di kancah persepakbolaan domestik Inggris, duel The Red Devils dengan The Reds senantiasa berjalan menarik.

Fakta bahwa kini kedua tim cuma terpaut lima angka di papan klasemen, MU di posisi enam dengan 39 poin dan Liverpool di peringkat dua lewat 44 angka, akan menambah seru nuansa persaingan di Old Trafford, Minggu (15/1/2017) malam WIB.

MU selaku tuan rumah menghadapi laga tersebut bermodal rentetan sembilan kemenangan beruntun di seluruh ajang, enam di antaranya di Premier League. 'Setan Merah' bahkan tak pernah kalah di 15 laga terakhirnya secara total.

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' Akhir Pekan IniFoto: Action Images via Reuters/Jason Cairnduff

Liverpool menjalani tren sedikit berbeda akibat menjalani tiga laga tanpa kemenangan di selurung ajang, dengan laga terakhir dilewati dengan kekalahan di markas Southampton, Kamis (12/1) dinihari WIB, pada Piala Liga Inggris.

Perkara bahwa Sadio Mane, topskorer sementara Liverpool di Premier League musim ini dengan 9 gol, tak bisa main karena harus tampil di Piala Afrika 2017 juga bakal menambah pekerjaan rumah Juergen Klopp untuk urusan lini depan.

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' Akhir Pekan IniFoto: Getty Images Sport/Clive Brunskill

Di kubu MU, Jose Mourinho sebaliknya diprediksi akan kembali bisa menurunkan Zlatan Ibrahimovic yang sempat absen lawan Hull City di Piala Liga Inggris pada tengah pekan.

Ibrahimovic sedang melewati periode impresif dengan lima gol dan tiga assist di lima laga terakhirnya buat MU. Ia juga topskorer sementara MU di Premier League dengan 13 gol, cuma kalah banyak dari Diego Costa (Chelsea).

Setelah pertemuan pertama yang berakhir 0-0 di Anfield pada Oktober lalu, dengan MU tampil amat defensif, publik kini menantikan duel klasik yang sama sekali berbeda dengan pertandingan ketika itu.

[Baca juga: Manchester United Bermain untuk Tidak Kalah, Bukan untuk Menang]

Di partai lain, Chelsea (49 poin) si pemuncak klasemen sementara akan bertamu ke markas sang juara bertahan Leicester City (21 poin), Minggu (15/1) dinihari WIB.

Ini menjadi partai Premier League pertama Chelsea semenjak rentetan 13 kemenangannya di ajang tersebut kandas oleh kekalahan 0-2 di markas Tottenham Hotspur. The Blues setidaknya sudah merespons hasil buruk itu dengan kemenangan telak 4-1 atas Peterborough di ajang Piala FA, walaupun lawannya itu "cuma" tim divisi tiga Inggris.

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' Akhir Pekan IniFoto: Action Images via Reuters / Andrew Couldridge

Untuk Leicester, laga ini menjadi teramat penting dalam usaha menjauhi zona degradasi yang sekarang cuma berjarak enam angka. The Foxes mesti tampil lebih baik daripada di paruh pertama musim lalu, secara khusus ketika kalah telak 0-3 di Stamford Bridge markas Chelsea.

Di White Hart Lane, Sabtu (14/1) malam WIB, Tottenham Hotspur (42 poin) akan berupaya mempertahankan posisi tiga, usai menempatinya berkat kemenangan atas Chelsea, ketika menjamu West Bromwich Albion (29 poin).

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' di Akhir PekanFoto: Mike Hewitt/Getty Images

Dari segi rekor pertemuan, Spurs tercatat cuma sekali menang dalam tujuh laga terakhir lawan West Brom (1 menang, 5 seri, 1 kalah) di Premier League, membuat pertandingan ini menarik untuk disimak dan dinantikan hasilnya.

Sementara Manchester City (42 poin), yang kini menempati posisi empat, akan melawat ke markas Everton (30 poin), Minggu (15/1) malam WIB.

Sejak kalah 0-1 dari Liverpool, The Citizens bangkit dengan kemenangan 2-1 atas Burnley di Premier League dan menggulung West Ham 5-0 di Piala FA. Tapi Everton berpotensi lebih merepotkan.

Di markas sendiri musim ini pada ajang Premier League, Everton di antaranya sudah mengimbangi Spurs dan MU. Bahkan mengalahkan Arsenal.

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' di Akhir PekanFoto: Clive Brunskill/Getty Images

Pertemuan pertama antara City dengan Everton pada musim ini pun menghasilkan skor imbang 1-1 di Etihad. Potensi tricky buat City.

Sedangkan tim posisi lima Arsenal (41 poin) akan menjalani matchday 20 dengan melawat ke markas Swansea City (15 poin) yang saat ini menempati posisi dua dari dasar klasemen.

The Gunners butuh kemenangan, dan poin penuh, di laga ini demi terus memperlihatkan diri sebagai salah satu kandidat pesaing, terlebih setelah di laga Premier League terakhirnya berimbang 3-3 dengan Bournemouth setelah sempat tertinggal tiga gol lebih dulu.

Duel 'Setan Merah' vs 'Si Merah' Akhir Pekan IniFoto: Getty Images Sport/Warren Little


(krs/fem)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed