DetikSepakbola
Selasa 18 April 2017, 08:25 WIB

Arsenal Pakai Formasi Tiga Bek, Ini Penjelasan Wenger

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Arsenal Pakai Formasi Tiga Bek, Ini Penjelasan Wenger Foto: Action Images via Reuters/Lee Smith
Middlesbrough - Ada yang berbeda dengan formasi Arsenal pada laga melawan Middlesbrough, yaitu tampilnya tiga bek tengah secara bersamaan. Manajer Arsene Wenger punya penjelasan terkait hal ini.

Arsenal tampil dengan formasi 3-4-2-1 saat dijamu Middlesbrough di Riverside Stadium, Selasa (18/4/2017) dinihari WIB. Tiga pemain yang menghuni lini belakang adalah Laurent Koscielny, Gabriel Paulista, dan Rob Holding.





Bermain dengan formasi tiga bek bukanlah hal yang lazim dilakukan oleh Wenger. Manajer asal Prancis itu sebelumnya sangat identik dengan formasi empat bek. Situs resmi Arsenal bahkan menyebut ini adalah kali pertama dalam 20 tahun Wenger memakai tiga pemain di lini pertahanan.

Tapi, Wenger punya alasan kuat di balik pilihannya tersebut.

"Saya merasa akhir-akhir ini kami agak rentan ketika bertahan dan ini untuk membuat tim sedikit lebih tenang. Akhir-akhir ini kami menghadapi banyak tim yang bermain direct. Sebelum pertandingan, saya pikir mereka mungkin akan bermain dengan (Rudy) Gestede dan (Alvaro) Negredo dan bermain sangat direct. Itulah alasan-alasannya," jelas Wenger di situs resmi The Gunners.

"Formasi ini berjalan dengan baik di babak pertama. Kami tak memberi satu pun peluang kepada lawan dan kami cukup solid dalam bola-bola mati. Pada babak kedua, dalam satu atau dua kesempatan, saya merasa kami bisa saja sedikit lebih dominan di udara, tapi secara umum iya (berjalan dengan baik)," katanya.

Arsenal akhirnya menang 2-1 atas Middlesbrough. Dua gol Arsenal dicetak oleh Alexis Sanchez dan Mesut Oezil, sementara Middlesbrough sekali membalas melalui Negredo.

Kemenangan atas Middlesbrough menjaga harapan Arsenal untuk finis di zona Liga Champions. Arsenal menempati peringkat enam dengan 57 poin dari 31 pertandingan masih punya dua laga tunda dan berjarak tujuh angka dari Manchester City yang ada di posisi empat.



(mfi/nds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed