DetikSepakbola
Minggu 09 Juli 2017, 19:56 WIB

Dilepas MU, Rooney Pulang Kampung ke Everton

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Dilepas MU, Rooney Pulang Kampung ke Everton Wayne Rooney resmi kembali memperkuat Everton (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Liverpool -

Tuntas sudah perjalanan karier Wayne Rooney bersama Manchester United. Rooney kini resmi pulang kampung untuk memperkuat Everton lagi.

Kepastian transfer Rooney diumumkan Everton lewat situs resminya, Minggu (9/7/2017) malam WIB. Penyerang 31 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Everton dan kabarnya mendapat pemotongan gaji 50 persen, yakni menjadi 150 ribu poundsterling.

"Kami senang bisa membawa kembali @WayneRooney ke #EFC! Dia meneken kontrak dua tahun setelah dilepas @ManUtd," demikian pernyataan resmi Everton di akun twitter-nya.




Kepergian Rooney ini juga memuluskan jalan Romelu Lukaku untuk bergabung dengan MU, setelah penyerang asal Belgia itu menjalani tes medis di Los Angeles di hari yang sama.

Meski kariernya belakangan tengah meredup, Rooney bisa menepuk dada saat meninggalkan MU karena dia adalah topskorer sepanjang masa klub dengan 253 gol dari 559 penampilan. Selain itu Rooney juga menyumbangkan 12 trofi mayor selama 13 tahun berada di MU.

Rinciannya adalah lima trofi Premier League, satu trofi Liga Champions, tiga Piala Liga Inggris, satu Piala FA, satu Liga Europa, dan satu trofi Piala Dunia Antarklub.

"Wayne sudah menunjukkan kepada saya ambisi yang kami butuhkan dan mental juara - dia tahu cara merebut gelar juara dan saya senang dia memutuskan kembali ke sini," tutur manajer Everton Ronald Koeman.

"Dia mencintai Everton dan dia sangat ingin kembali ke sini. Dia masih 31 tahun dan saya tidak meragukan sama sekali kualitasnya. Fantastis bisa memilikinya," sambungnya.

Rooney yang kabarnya dibeli dengan banderol 10 juta pound itu jadi pemain baru keempat Everton musim panas ini setelah Davy Klassen, Jordan Pickford, Michael Keane, dan Sandro Ramirez. Di periode pertamanya memperkuat Everton di tahun 2002 hingga 2004, Rooney bikin bikin 17 gol dari 77 penampilan.





(mrp/krs)
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed