DetikSepakbola
Senin 07 Agustus 2017, 15:53 WIB

Gebrakan Hulk dari Bosnia di Community Shield

Kris Fathoni W - detikSport
Gebrakan Hulk dari Bosnia di Community Shield Foto: Action Images via Reuters/Andrew Couldridge
Jakarta - Penampilan Sead Kolasinac mencuri perhatian di Community Shield, Minggu (6/8/2017). Pemain berjuluk Hulk dari Bosnia itu menggebrak lewat aksi untuk Arsenal saat melawan Chelsea.

Pemain bertahan 24 tahun asal Bosnia-Herzegovina itu menjadi salah satu rekrutan The Gunners di musim panas. Kolasinac direkrut dari Schalke 04, satu-satunya klub dirinya bermain secara profesional sebelum ini, secara gratisan alias free transfer.

Kolasinac masuk di menit ke-32 untuk menggantikan Per Mertesacker yang cedera. Ia dimainkan di posisi paling kiri dalam skema tiga bek racikan Arsene Wenger di laga tersebut.


Pesepakbola dengan postur 1,83 meter/82 kg tersebut dengan cepat memperlihatkan ketangguhan. Tak cuma menjaga sektornya agar tak ditembus pemain Chelsea, Kolasinac juga terlihat sangat tangguh ketika menguasai si kulit bundar dalam usaha membangun serangan.

Dalam catatan Whoscored.com, Kolasinac secara defensif membuat tiga tekel (menyamai jumlah terbanyak untuk pemain Arsenal), satu intersep, dan satu sapuan.

Ia juga membuat 43 operan dengan persentase sukses 93%, lebih baik daripada 80,5% operan sukses dari Rob Holding yang berperan sebagai bek paling kanan Arsenal di laga ini (walaupun ia punya operan lebih banyak yakni 77 operan).

Kontribusi terbesar pemain yang juga dijuluki "Sang Penghancur" dan "The Tank" itu tentu saja adalah ketika menyambut bola tendangan bebas Granit Xhaka dan mengarahkannya dengan kepala untuk menjebol gawang Chelsea di menit ke-82.

Gol itu memupus keunggulan Chelsea yang unggul lebih dulu lewat Victor Moses, menyamakan kedudukan jadi 1-1, dan pada prosesnya membuat laga lanjut ke adu penalti -- yang lantas dimenangi Arsenal.


"Ia masuk dan bermain bagus. Ia biasanya beroperasi sebagai bek sayap atau full back, tapi juga bisa main sebagai bek tengah," kata Wenger di Sky Sports.

"Secara fisik ia sangat tangguh. Ada pemain yang membentuk fisik di pusat kebugaran dan ada pemain yang memang terlahir tangguh. Ia adalah jenis pemain yang nomor dua. Di Premier League permainan fisik memegang peranan, tapi tak cuma itu. Saya merekrutnya juga karena perilakunya. Kelemahan tak ditoleransi dalam permainan dewasa ini, berbeda dengan 20 tahun lalu. Butuh kombinasi bakat dan sikap. Ia tak cuma punya bakat melainkan juga sikap yang sangat kuat," tuturnya.

Bersama Schalke musim lalu, Kolasinac dicatat Squawka membuat 52 tekel sukses, 45 umpan silang, lima assist, dan tiga gol. Maka setelah ia juga mencetak gol penting di Community Shield, wajar jika suporter Gudang Peluru kini bakal merasa antusias menunggu aksi-aksi Hulk dari Bosnia yang berikutnya.



(krs/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed