DetikSepakbola
Sabtu 09 September 2017, 20:44 WIB

City Remukkan Liverpool 5-0

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
City Remukkan Liverpool 5-0 Manchester City meremukkan Liverpool 5-0 (Phil Noble/Reuters)
Manchester - Manchester City meremukkan Liverpool di pekan keempat Premier League. The Citizens menang telak 5-0 atas The Reds pada laga yang diwarnai kartu merah untuk Sadio Mane itu.

Menjamu Liverpool di Etihad Stadium, Sabtu (9/9/2017), City tampil tanpa kaptennya, Vincent Kompany, yang mengalami cedera. Posisi Kompany di lini belakang diisi oleh Danilo.

Sementara itu, Liverpool tak diperkuat Philippe Coutinho yang dianggap belum cukup siap oleh manajer Juergen Klopp. Trio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah tetap jadi andalan di lini depan.

City yang unggul penguasaan bola membuka skor melalui gol Sergio Aguero pada menit ke-24. Dalam kondisi tertinggal 0-1, Liverpool malah kehilangan Mane yang dikartu merah pada menit ke-37. Mane diusir wasit setelah kakinya menerjang wajah Ederson.

Keunggulan jumlah pemain rupanya benar-benar dimaksimalkan oleh City. Gabriel Jesus dua kali menjebol gawang Liverpool, masing-masing di injury time babak pertama dan menit ke-53. Leroy Sane yang masuk di babak kedua juga mencetak dua gol, masing-masing di menit ke-77 dan di injury time.

Kemenangan ini mengangkat City ke puncak klasemen dengan perolehan 10 poin dari empat laga. Liverpool duduk di posisi kelima dengan tujuh poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama jadi milik City. Dalam sebuah serangan balik pada menit ketujuh, Kevin De Bruyne menggiring bola dari tengah lapangan sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi, upaya De Bruyne dengan mudah diantisipasi oleh Simon Mignolet.

Berselang enam menit, City kembali mengancam gawang Liverpool dari tembakan jarak jauh. Kali ini, sepakan keras Fernandinho ditepis oleh Mignolet.

Liverpool merespons melalui Emre Can pada menit ke-18. Namun, tembakan Can dari luar kotak penalti ditangkap oleh kiper City, Ederson Moraes.

City memecahkan kebuntuan pada menit ke-24 lewat gol Aguero. Umpan jitu De Bruyne membuat Aguero langsung berhadapan dengan Mignolet. Aguero sukses memperdaya kiper Liverpool itu sebelum memasukkan bola ke gawang kosong.

Liverpool punya kesempatan emas untuk menyamakan skor tujuh menit kemudian. Mohamed Salah berhadapan langsung dengan Ederson setelah menerima umpan dari Sadio Mane. Tapi, Ederson dengan gemilang mementahkan penyelesaian Salah.

City kemudian mendapatkan dua peluang beruntun lewat Gabriel Jesus dan John Stones. Namun, dua peluang itu digagalkan oleh Mignolet.

Memasuki menit ke-37, terjadi sebuah insiden yang membuat pertandingan terhenti lama. Saat itu, Mane berlari mengejar bola lambung ke arah gawang City, sementara dari arah sebaliknya Ederson berusaha menghalaunya.

Ederson berhasil mendahului Mane dan menyundul bola di luar kotak penalti. Sial buat kiper asal Brasil itu, dia tak bisa menghindari tabrakan dengan Mane. Kaki Mane yang terangkat tinggi menghantam wajahnya.

Wasit Jon Moss langsung mengganjar Mane dengan kartu merah setelah kejadian itu. Sementara itu, Ederson tergeletak di lapangan dan butuh perawatan medis cukup lama.

Ederson pada akhirnya tak bisa lanjut bermain dan ditandu keluar lapangan. Claudio Bravo masuk menjadi penggantinya.

Di injury time babak pertama, City sempat menjebol gawang Liverpool lagi melalui sundulan Gabriel Jesus. Namun. gol ini dianulir wasit karena Gabriel Jesus sudah terperangkap offside.

Saat injury time babak pertama memasuki menit keenam, Gabriel Jesus memperbesar keunggulan City menjadi 2-0. Dia berdiri bebas di mulut gawang dan dengan leluasa menanduk umpan silang dari De Bruyne untuk menjebol gawang Liverpool.

Tak berselang lama, babak pertama berakhir.

Liverpool membuat pergantian pemain pada awal babak kedua. Tim tamu menarik keluar Salah dan memasukkan pemain anyar Alex Oxlade-Chamberlain.

City menambah derita Liverpool pada menit ke-53 melalui gol kedua Gabriel Jesus. Gol ini berawal dari umpan terobosan dari Fernandinho untuk Aguero. Aguero langsung menghadapi Mignolet, tapi dia tak egois dan memilih memberikan bola kepada Gabriel Jesus. Tanpa kesulitan, Gabriel Jesus tinggal mendorong si kulit bundar ke dalam gawang untuk membawa City unggul 3-0.

Setelah unggul 3-0, City menurunkan tempo permainan. Sementara itu, Liverpool berusaha mencari celah untuk mencuri gol.

Nyaris terjadi gol bunuh diri ke gawang Liverpool pada menit ke-72. Joel Matip berusaha memotong umpan silang dari Benjamin Mendy, tapi bola malah mengarah ke gawang sendiri. Beruntung buat Liverpool, Mignolet masih bisa menepis bola.

Lima menit kemudian, gawang Liverpool benar-benar bergetar lagi. Sane mencatatkan namanya di papan skor setelah bekerja sama dengan Mendy. Sontekannya ke tiang dekat membuat City unggul 4-0.

Sane memantapkan kemenangan City melalui gol keduanya saat pertandingan memasuki injury time. Tembakan melengkungnya dari luar kotak penalti menembus pojok atas gawang Liverpool tanpa bisa dijangkau Mignolet. City menang telak 5-0 atas Liverpool.

Susunan Pemain
Manchester City: Ederson (Bravo 45+1'), Walker, Stones, Otamendi (Mangala 71'), Danilo, Mendy, Fernandinho, De Bruyne, David Silva, Gabriel Jesus (Sane 57'), Aguero

Liverpool: Mignolet, Alexander-Arnold, Matip, Klavan, Moreno, Henderson, Can, Wijnaldum (Milner 58'), Mane, Salah (Oxlade-Chamberlain 46'), Firmino (Solanke 67')



(mfi/din)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed