DetikSepakbola
Selasa 12 Desember 2017, 08:26 WIB

Van Gaal: MU Lebih Membosankan di Bawah Mourinho

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Van Gaal: MU Lebih Membosankan di Bawah Mourinho Foto: Mike Hewitt/Getty Images
Manchester - Manchester United era Louis van Gaal pernah dilabeli tim yang membosankan. Tapi Van Gaal menilai era Jose Mourinho kini jauh lebih buruk.

MU pernah mendapatkan label Boring, boring Man United di masa Van Gaal. Hal itu mengacu pada permainan penuh operan yang dilakukan 'Setan Merah', tapi tak sejalan dengan agresivitas mencetak gol.

Pada masa itu, MU dinilai cuma memutar-mutar bola ke sisi ke sisi dengan minim sekali penetrasi ke kotak penalti. Era Van Gaal pada akhirnya berakhir setelah dua tahun, menghasilkan satu gelar Piala FA.

Selepas Van Gaal pergi, datanglah Mourinho. Mourinho musim lalu cuma membawa MU finis keenam di Premier League, tapi memenangi Liga Europa dan Piala Liga Inggris.

Musim ini pria Portugal itu membawa MU menempati posisi dua sampai pekan ke-16, tapi baru-baru ini disoroti usai kalah dalam derby melawan Manchester City. MU didominasi City dalam pertandingan tersebut dan kesulitan membangun serangan yang tertata.

Van Gaal heran Mourinho tak mendapatkan sorotan setajam dirinya dulu meski membuat MU bermain jauh lebih membosankan. Dia menilai MU saat ini bermain terlalu defensif.

"Kalau Anda bertanya bagaimana kinerja saya di United, saya akan bilang itu adalah tahun-tahun terbaik yang pernah ada, mempertimbangkan situasi yang saya alami saat bekerja," kata Van Gaal kepada Daily Mirror seperti dikutip Sky Sports.

"Kami memainkan sepakbola yang cukup baik, tapi itu bukan sepakbola yang diapresiasi di Inggris. Namun sekarang, melihat ke United, saya harus menyimpulkan bahwa Mourinho tak dikritik meski sepakbolanya jauh lebih membosankan."

"Saya akan lebih memilih menonton City bermain ketimbang United. Anda perlu kualitas di sebuah skuat dan jelas City punya skuat lebih baik. Yang United hasilkan saat ini adalah sepakbola defensif."

"Saya selalu memainkan sepakbola menyerang. Buktinya adalah lawan selalu memarkir bus. Mereka tak melakukan itu sekarang karena Jose Mourinho bermain sangat defensif," tambahnya.
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed