DetikSepakbola
Minggu 17 Desember 2017, 02:22 WIB

Benamkan Tottenham, City Teruskan Rentetan Kemenangan

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Benamkan Tottenham, City Teruskan Rentetan Kemenangan Manchester City membenamkan Tottenham Hotspur 4-1. (Foto: Laurence Griffiths/Getty Images)
Manchester - Manchester City memperpanjang rentetan kemenangannya. Menjamu Tottenham Hotspur, City tampil perkasa untuk memetik kemenangan telak dengan skor akhir 4-1.

Pada pertandingan di Stadion Etihad yang berakhir Minggu (17/12/2017) dinihari WIB, City mengungguli Spurs 4-0 lebih dahulu. Ilkay Guendogan membuka skor yang menandai skor 1-0 di paruh pertama.

Usai turun minum, City menambah tiga gol melalui Kevin de Bruyne dan Raheem Sterling (2). Christian Eriksen mencetak gol hiburan bagi Spurs di penghujung laga.

[Gambas:Sportradar]

Kemenangan ini menandai kemenangan ke-16 beruntun bagi the Citizens. Pasukan Pep Guardiola itu kini mengoleksi 52 poin, unggul 14 poin dari rival terdekatnya Manchester United di posisi kedua. Spurs mesti terlempar ke urutan tujuh dengan 31 poin, tertinggal dua poin dari Arsenal di urutan empat.


Jalannya Pertandingan

Tottenham lebih dulu menyerang, tapi City yang pertama menciptakan peluang. Diawali dari pergerakan Leroy Sane di sisi kiri dengan mengirim umpan silang ke tengah kotak. Jan Vertonghen melakukan intersepsi penting agar bola tak sampai ke Sergio Aguero.

Peluang lain dari City di menit kesembilan. Tendangan bebas De Bruyne diterima Aguero yang diteruskan dengan sundulan tapi masih sedikit melebar dari gawang yang dijaga Hugo Lloris. Sementara itu, Spurs masih kesulitan mengimbangi permainan City.

City akhirnya bisa membuka keunggulan di menit ke-14. Sepak pojok Sane ditanduk Guendoga, yang tidak terkawal di depan gawang. City pun memimpin 1-0 atas Spurs.

Tujuh menit berselang, City mengklaim penalti setelah Danny Rose mendorong Eliaquim Mangala saat menerima bola lambung. Aguero nyaris menciptakan gol kedua City tapi sepakannya bisa ditepis Lloris. Sterling mencecar bola rebound, namun tembakannya justru melayang jauh.

City terus-terusan mengepung Spurs. Aguero kembali memperoleh peluang, tapi tendangan mendatarnya masih melenceng. Sebelumnya Sane mampu membebaskan diri dari kawalan lini belakang Spurs, akan tetapi sentuhan pertamanya buruk sehingga memungkinkan Lloris menangkap bola.

Tottenham akhirnya menguji Ederson. Di menit ke-35, Harry Kane melepaskan sepakan melengkung dari dalam kotak penalti yang mengalahkan penjagaan kiper City itu. Namun, bola bergulir tipis di samping gawang.

Menjelang berakhirnya babak pertama, tusukan Aguero di sisi kanan kotak penalti dimentahkan Lloris. Bola diteruskan Guendogan dengan sepakan mendatar tapi bisa ditangkap.

Usai turun minum, Tottenham bisa keluar dari tekanan City untuk melancarkan gelombang serangan. Namun, peluang terbaik Spurs baru terlahir setelah sepakan Kane dari luar kotak penalti memaksa Ederson menepis dengan tangan kanannya di menit ke-55.

City membuang peluang untuk menambah golnya 11 menit berselang. Sane menusuk dari sisi kiri sebelum melepaskan sepakan kencang dari dalam kotak. Lloris bisa menepis tapi bola rebound gagal dimanfaatkan Sterling usai sepakannya melambung.

Gol kedua yang ditunggu-tunggu City akhirnya terlahir di menit ke-70. Dari operan Guendogan, De Bruyne menyisir sisi kanan pertahanan Spurs yang diakhiri dengan sepakan keras dari dalam kotak penalti. Bola sempat mengenai tangan Lloris tapi bergulir terlalu deras sehingga bersarang di jala atas gawang. City memimpin 2-0.

Lima menit kemudian, wasit menunjuk titik putih setelah Vertonghen melanggar De Bruyne. Gabriel Jesus maju sebagai eksekutor tapi sepakannya membentur tiang. Bola rebound dicecar Sterling, namun tendangannya dari depan gawang melambung.

Sterling akhirnya mengukir namanya di papan skor. Di menit ke-80, Sterling mencetak gol ketiga City setelah memaksimalkan umpan silang mendatar Sane dengan sontekan dari jarak dekat. City 3, Spurs 0.

Bernardo Silva nyaris menciptakan dampak instan. Berakselerasi dari sisi kiri, Silva melepaskan tembakan mendatar dari dalam kotak penalti, yang memaksa Lloris jatuh untuk menghalau bola di tiang dekat.

City masih bernafsu menciptakan lebih banyak gol. Hal itu akhirnya terwujud di menit ke-90. Sebuah umpan panjang gagal diantisipasi Eric Dier, sehingga Sterling bisa menguasai bola dengan mudah. Lloris keluar dari sarangnya, tapi Sterling bisa mengolongnya sehingga tinggal menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Di masa injury time, Eriksen memanfaatkan kelengahan barisan belakang City untuk menciptakan gol hiburan yang memperkecil skor menjadi 1-4. Kedudukan akhir pertandingan.


Susunan Pemain

MANCHESTER CITY: Ederson, Otamendi, Mangala, Walker, Fernandinho, Delph, Guendogan (Foden 83'), De Bruyne, Sterling, Sane, Aguero (Gabriel Jesus 57')

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose (Davies 89'), Trippier, Dembele, Eriksen, Alli (Sissoko 84'), Dier, Winks, Son (Lamela 76'), Kane



(rin/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Rainbow Flick Neymar yang Bikin Lawan Mati kutu

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 09:13 WIB Neymar unjuk skill tingkat dewa di penghujung laga Brasil vs kosta Rika semalam. Begini aksi gaya rainbow flick ala Neymar yang bikin gelandang Kosta Rika mati kutu dikecohnya. 
  • Prediksi Jerman Vs Swedia: Berpotensi Seri

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 07:56 WIB Grup F Piala Dunia 2018 akan memainkan pertandingan Jerman vs Swedia. Menilik tren performa kedua tim, laga Die Mannschaft melawan Blagult berpotensi seri.
  • Laporan dari Sochi

    Agar Jerman Tak Lagi Dihukum Serangan Balik Lawan

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 07:36 WIB Kekalahan Jerman dari Meksiko akibat gol hasil serangan balik lawan. Hal serupa tak ingin diulangi lagi oleh Jerman saat berjumpa Swedia.
  • Jadwal Piala Dunia Hari Ini: Jerman Vs Swedia

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 07:02 WIB Hari Sabtu (23/6/2018), Piala Dunia 2018 akan mementaskan tiga pertandingan dari Grup F dan G. Salah satu yang menjadi sorotan adalah laga Jerman vs Swedia.
  • 20Detik

    Tite: Neymar Akan Kembali ke Performa Terbaiknya

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 06:16 WIB Neymar akhirnya membukukan gol di Piala Dunia 2018 saat Brasil bertemu Kosta Rika. Pelatih Brasil Tite menyebut Neymar bakal kembali menuju performa terbaiknya.
  • Performa Ronaldo Tak Bikin Fabregas Terkesan

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 05:38 WIB Bintang Portugal Cristiano Ronaldo bersinar di awal Piala Dunia 2018. Meski begitu, Cesc Fabregas menilai performa Ronaldo tidak sebagus kelihatannya.
  • Roma Gaet Antonio Mirante dari Bologna

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 05:28 WIB AS Roma menambah amunisi baru untuk menghadapi Serie A musim depan. Roma merekrut kiper Antonio Mirante dari Bologna.
  • 20Detik

    Gol Krusial Shaqiri Penentu Kemenangan Swiss

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 05:06 WIB Swiss bangkit setelah tertinggal lebih dulu oleh Serbia di babak pertama. Xherdan Shaqiri jadi penentu kemenangan Swiss di menit-menit akhir.
  • Madrid Rekrut Kiper Muda Ukraina

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 03:44 WIB Real Madrid mendatangkan penjaga gawang baru di bursa transfer musim panas ini. Madrid merekrut kiper muda asal Ukraina, Andriy Lunin.
  • 20Detik

    Video Highlights: Serbia Vs Swiss 1-2

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 03:15 WIB Laga Serbia vs Swiss berakhir dengan skor 1-2. Tertinggal lebih dulu, Swiss bangkit di babak kedua lewat sepakan Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri.
  • Comeback, Swiss Tundukkan Serbia 2-1

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:54 WIB Angka penuh berhasil direbut Swiss saat menghadapi Serbia di laga Grup E. Sempat tertinggal lebih dahulu, Swiss bangkit untuk mengalahkan Serbia 2-1.
  • Laporan dari Sochi

    Hummels Mungkin Absen Lawan Swedia

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:40 WIB Kabar buruk untuk timnas Jerman jelang duel kontra Swedia besok. Bek andalannya, Mats Hummels, kemungkinan absen karena cedera leher.
  • Brasil Dilarang Bergantung kepada Neymar

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:46 WIB Pelatih Brasil, Tite, menanggappi luapan emosi Neymar usai laga melawan Kosta Rika. Tite sadar betul Neymar tak bisa menanggung beban tim seorang diri.
  • 20Detik

    Aksi Gemilang Ahmed Musa Benamkan Islandia

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:27 WIB Ahmed Musa tampil gemilang dengan dua golnya di laga Nigeria vs Islandia. Sepakan di menit ke-49 dan gocekannya di menit ke-75 mengantar Nigeria meraih 3 poin.
  • Kesabaran dan Keuletan Brasil Berbuah Manis

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:16 WIB Brasil memetik kemenangan atas Kosta Rika di pertandingan kedua Grup E Piala Dunia 2018. Hasil positif itu disebut sebagai hasil kesabaran dan keuletan Selecao.
  • 20Detik

    Video Highlights Babak I Serbia Vs Swiss

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 02:11 WIB Serbia unggul 1-0 lawan Swiss di babak pertama laga Grup E Piala Dunia 2018. Gol berawal dari umpan Tadic yang disambut oleh tandukan Aleksandar Mitrovic.
  • Babak I Berakhir, Serbia Ungguli Swiss 1-0

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 01:51 WIB Serbia untuk sementara memimpin atas Swiss dengan skor 1-0 di babak pertama. Gol Serbia tercipta di menit-menit awal oleh Aleksandar Mitrovic.
  • 20Detik

    Dua Gol Dramatis Brasil yang Hantam Kosta Rika

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 01:28 WIB Brasil sukses kandaskan Kosta Rika 2-0 pada laga Grup E Piala Dunia 2018. Selecao unggul lewat gol-gol yang dicetak pada masa injury time.
  • 20Detik

    Kegemilangan Navas yang Akhirnya Roboh Juga

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 01:14 WIB Keylor Navas tampil gemilang saat melawan Brasil. Kiper Real Madrid itu melakukan 7 penyelamatan gemilang meski di akhir-akhir babak kedua kebobolan dua gol.
  • Justin Kluivert Resmi Jadi Milik Roma

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 00:52 WIB AS Roma mendapatkan rekrutan keempatnya di bursa transfer musim panas ini. Roma mengumumkan transfer Justin Kluivert dari Ajax Amsterdam.
  • 20Detik

    Video Highlights: Nigeria Vs Islandia 2-0

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 00:22 WIB Nigeria langsung tancap gas di babak kedua lawan Islandia. Dua gol Ahmed Musa membawa kemenangan Nigeria dalam laga Grup D Piala Dunia 2018.
  • Sudah 56 Gol, Neymar Lewati Rekor Romario

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 00:05 WIB Neymar mencetak satu gol saat Brasil menghempaskan Kosta Rika 2-0. Gol itu menempatkan Neymar di atas legenda sepakbola, Romario.
  • Nigeria Benamkan Islandia 2-0

    Sepakbola | Sabtu 23 Juni 2018, 00:02 WIB Nigeria membuka peluang lolos dari fase grup Piala Dunia 2018 setelah menang 2-0 atas Islandia. Dua gol Nigeria diciptakan oleh Ahmed Musa.
  • Gavin Kwan Sudah Klop dengan Riko Simanjuntak

    Sepakbola | Jumat 22 Juni 2018, 23:48 WIB Gavin Kwan Adsit memang belum lama bermain bareng Riko Simanjutak di timnas Indonesia U-23. Meski begitu, pemain Barito Putera itu merasa klop dengan Riko.
  • Philippe Coutinho Si Pemecah Kebuntuan Brasil

    Sepakbola | Jumat 22 Juni 2018, 23:20 WIB Philippe Coutinho menjadi bintang kemenangan Brasil atas Kosta Rika di laga kedua Grup E Piala Dunia 2018. Dia si pemecah kebuntuan Selecao.
  • 20Detik

    Video Highlights Babak I Nigeria Vs Islandia

    Sepakbola | Jumat 22 Juni 2018, 23:14 WIB Tak ada gol tercipta di babak pertama Nigeria vs Islandia. Kedua tim bermain saling menyerang, namun tak ada peluang berarti yang tercipta pada babak pertama.