DetikSepakbola
Minggu 17 Desember 2017, 23:11 WIB

MU Menang 2-1 di Markas West Brom

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
MU Menang 2-1 di Markas West Brom Foto: Carl Recine/ Action Images via Reuters
West Bromwich - Manchester United memetik tiga poin saat bertandang ke West Bromwich Albion di lanjutan Premier League. Gol Romelu Lukaku dan Jesse Lingard mengantar MU menang tipis 2-1.

Bertandang ke The Hawthorns, Minggu (17/12/2017) malam WIB, MU sempat bermain kurang gereget di 20 menit pertama. Tak ada peluang berarti yang diciptakan meski mendominasi.

Peluang serius pertama baru tercipta di menit ke-27, yang langsung berbuah gol. Sundulan Lukaku membawa 'Setan Merah' unggul, yang digandakan oleh Lingard pada menit ke-35.

West Brom bermain lebih terbuka di babak kedua, sementara MU mendapatkan beberapa peluang tapi gagal dimaksimalkan. Tuan rumah lantas memperkecil selisih lewat Gareth Barry di menit ke-77, tapi tak berhasil menyamakan skor.

Dengan hasil ini, MU menjaga selisih 11 poin dengan Manchester City di puncak klasemen Premier League. Masih di posisi dua, kini skuat besutan Jose Mourinho itu punya nilai 41 dari 18 pekan dan unggul tiga angka dari Chelsea di tempat ketiga. Sementara West Brom belum beranjak dari peringkat 19 dengan 14 poin.

Jalannya Pertandingan

Selepas kick-off, MU langsung memegang kendali pertandingan. West Brom bermain rapat di sekitar kotak penalti untuk mencegah tamunya mendapatkan celah dan menciptakan ancaman.

Pada menit kelima, Marcus Rashford mencoba melepaskan tembakan tapi masih terhalang.

MU mendominasi, tapi masih belum mampu menciptakan ancaman sampai 20 menit laga berjalan.

Baru tujuh menit kemudian, MU memetik keunggulan. Rashford menerima bola di sisi kiri, lalu mengirimkan umpan lambung yang sempurna ditanduk Romelu Lukaku.

West Brom balas mengancam di menit ke-34. Allan Nyom melakukan tusukan di sisi kanan dan menaklukkan Ashley Young, untuk kemudian melepaskan umpan silang mendatar. Bola coba disontek Solomon Rondon di tiang dekat, namun bisa dihalau pertahanan MU.

West Brom malah kembali kebobolan semenit berselang. Mendapatkan sodoran dari Juan Mata di depan kotak penalti, Jesse Lingard melepaskan tembakan yang membentur Ahmed Hegazi. Bola berbelok dan mengecoh Ben Foster, lalu masuk ke gawang.

West Brom mencoba bermain lebih terbuka selepas tertinggal dua gol. Peluang didapatkan Jake Livermore pada menit ke-44. Tendangannya dari luar kotak penalti masih tepat mengarah ke David de Gea dan diamankan.

West Brom memulai babak kedua dengan lebih aktif. percobaan Kieran Gibbs melebar, sementara upaya dari Gareth Barry terlalu untuk De Gea.

MU merespons lewat aksi Rashford di menit ke-57. Namun sepakannya masih melebar. Dua menit kemudian giliran Lingard mengancam, hanya saja tembakannya tepat ke arah Foster.

Usaha West Brom menekan MU membuahkan hasil di menit ke-77 dari situasi bola mati. Umpan lambung mulanya membentur Marcos Rojo dan bola bergulir liar ke depan gawang, lalu disambar Gareth Barry ke dalam gawang.

Tembakan Jay Rodriguez pada menit ke-81 mudah diantisipasi oleh De Gea. Sementara sundulannya empat menit berselang masih melebar ke kiri gawang MU.

West Brom kembali mengancam dari sepak pojok di menit ke-88. Bola lambung bergerak liar di mulut gawang De Gea dan sempat kesulitan dikontrol pertahanan MU. Namun para pemain West Brom juga tak berhasil mencocor bola ke dalam gawang, sampai kemudian diamankan De Gea.

Tak ada gol lain sampai laga berakhir. MU menang 2-1 di markas West Brom.

Susunan pemain:

West Brom: Foster; Nyom, Evans, Hegazi, Gibbs; Yacob (Barry 46'), Livermore, Krychowiak (Brunt 72'); Burke (Rodriguez 64'), McClean; Rondon

MU: De Gea; Valencia (Rojo 66'), Jones, Smalling, Young; Herrera, Matic; Mata, Lingard (McTominay 86'), Rashford (Martial 79'); Lukaku
(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed