DetikSepakbola
Senin 15 Januari 2018, 01:06 WIB

Hujan Gol di Anfield, Liverpool Kalahkan City 4-3

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Hujan Gol di Anfield, Liverpool Kalahkan City 4-3 Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol pertama Liverpool (Phil Noble/Reuters)
Liverpool - Tujuh gol tercipta pada laga seru antara Liverpool dan Manchester City di pekan ke-23 Premier League. The Reds keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Pertandingan di Anfield, Minggu (14/1/2018), berlangsung menarik sejak awal. Kedua tim tampil terbuka dan saling jual beli serangan untuk menghasilkan banyak peluang.

Kedua tim sama kuat di babak pertama. Liverpool unggul duluan lewat gol Alex Oxlade-Chamberlain pada menit kesembilan, tapi City bisa membalasnya melalui Leroy Sane pada menit ke-40.

Babak kedua berjalan lebih menarik. Pressing Liverpool memaksa pemain-pemain City membuat beberapa kesalahan fatal. Tim tuan rumah mencetak tiga gol tambahan lewat Roberto Firmino (menit 59), Sadio Mane (menit 61), dan Mohamed Salah (menit 68) untuk memimpin 4-1.

Ketika Liverpool berada di atas angin, City perlahan-lahan bangkit. City mampu menipiskan ketertinggalan menjadi 3-4 melalui Bernardo Silva di menit ke-84 dan Ilkay Guendogan di injury time. City bahkan nyaris saja menyamakan skor andai sundulan Sergio Aguero tak melenceng.

[Gambas:Sportradar]

Ini adalah kekalahan pertama City di Premier League dan kompetisi domestik musim ini. Meski begitu, mereka masih memuncaki klasemen dengan perolehan 62 poin dari 23 laga. Liverpool naik ke peringkat ketiga dengan koleksi 47 poin, sama dengan Manchester United dan Chelsea yang masing-masing berada di posisi kedua dan keempat.

Jalannya Pertandingan

Liverpool tampil lebih agresif pada menit-menit awal. Hasilnya, peluang pertama yang didapat tim tuan rumah langsung berbuah gol.

Pada menit kesembilan, Oxlade-Chamberlain yang menguasai bola di lini tengah melakukan dribbling mendekati kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan menyilang yang menembus pojok bawah gawang City tanpa bisa dihentikan kiper Ederson Moraes.

City perlahan-lahan mampu keluar dari tekanan dan gantian mengontrol permainan. Di menit ke-20, Kevin De Bruyne melepaskan umpan matang dari sisi kanan. Tapi, Sergio Aguero gagal menjangkaunya.

Liverpool punya kans memperbesar keunggulannya pada menit ke-31. Oxlade-Chamberlain mengirimkan umpan silang ke mulut gawang dan Roberto Firmino menyundulnya. Tapi, bola sundulan Firmino masih melenceng.

Berselang empat menit, peluang yang didapat De Bruyne tak menghasilkan gol untuk City. Tembakan De Bruyne dari luar kotak penalti terlalu lemah dan dengan mudah diamankan oleh penjaga gawang Liverpool, Loris Karius.

Mohamed Salah berpeluang menjebol gawang City lewat tembakan jarak jauhnya. Namun, sepakan Salah bisa diantisipasi oleh Ederson dengan relatif mudah.

City menyamakan kedudukan saat laga berusia 40 menit melalui gol Sane. Gol ini berawal dari umpan panjang yang dikirimkan oleh Kyle Walker. Sane yang berada di sisi kanan pertahanan Liverpool sukses melewati Joe Gomez dan kemudian menusuk ke kotak penalti. Sane juga memperdaya Joel Matip sebelum melepaskan tembakan keras ke tiang dekat yang mengubah skor jadi 1-1.

Setelahnya, City memiliki kesempatan untuk berbalik memimpin. Tapi, tembakan jarak jauh Fernandinho masih melenceng.

Hingga turun minum, kedudukan tak berubah. Liverpool 1, City 1.

City nyaris berbalik unggul pada menit-menit awal babak kedua. Nicolas Otamendi menyundul bola hasil sepak pojok. Sial buat dia, sundulannya cuma menghantam mistar gawang.

Liverpool merespons lewat dua peluang beruntun yang mereka dapatkan. Tembakan voli Salah dimentahkan oleh Ederson, sementara tusukan Oxlade-Chamberlain hanya berbuah sepak pojok untuk tim tuan rumah.

Liverpool kembali memimpin setelah Firmino mencetak gol pada menit ke-59. Firmino mengalahkan John Stones untuk mengejar umpan dari Oxlade-Chamberlain. Penyerang asal Brasil itu kemudian tinggal berhadapan dengan Ederson dan dengan tenang mencungkil bola untuk membawa Liverpool memimpin 2-1.

Tak berselang lama, Mane nyaris mencetak gol. Dia mencoba memaksimalkan kesalahan umpan yang dilakukan oleh Fernandinho. Tapi, sepakan Mane cuma mengenai tiang gawang.

Mane benar-benar merobek gawang City di menit ke-61. Kesalahan Otamendi membuat Salah menguasai bola di lini pertahanan City. Salah kemudian mengoperkan bola kepada Mane yang berdiri bebas. Mane tak menyia-nyiakan kesempatan dan mencetak gol setelah tembakan kaki kirinya menghunjam pojok atas gawang. Liverpool kini unggul 3-1.

Liverpool membuat City makin menderita dengan mencetak gol keempat tujuh menit kemudian lewat kaki Salah. Blunder Ederson berakibat fatal. Kiper asal Brasil itu terlanjur keluar dari sarangnya untuk membuang bola, tapi dia malah menyepak bola ke arah Salah. Melihat gawang City kosong melompong, Salah menembak dari jarak jauh dan membuat tim tuan rumah memimpin 4-1.

Tim tuan rumah memiliki kesempatan untuk memperbesar keunggulannya di menit ke-82. Tapi, tembakan Georginio Wijnaldum dari luar kotak penalti masih melenceng.

Berselang dua menit, justru City yang bisa menipiskan ketertinggalan menjadi 2-4. Bernardo Silva menyambar bola liar di dalam kotak penalti untuk merobek gawang Liverpool.

Harapan City untuk selamat dari kekalahan tumbuh setelah mereka mencetak gol ketiga di menit pertama injury time. Guendogan yang menerima umpan Aguero menceploskan bola ke dalam gawang dari jarak dekat. City cuma tertinggal 3-4.

City nyaris menyamakan skor di detik-detik akhir injury time. Tapi, sundulan Aguero meneruskan tendangan bebas De Bruyne cuma melenceng tipis.

Tak berselang lama, wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain
Liverpool: Karius, Gomez, Lovren, Matip, Robertson, Wijnaldum, Can (Milner 79'), Oxlade-Chamberlain, Salah (Lallana 88'), Mane (Klavan 90+4'), Firmino

Manchester City: Ederson, Walker, Stones, Otamendi, Delph (Danilo 31'), De Bruyne, Guendogan (Bernardo Silva 71'), Fernandinho, Sane, Sterling, Aguero

[Gambas:Video 20detik]




(mfi/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Piala Gubernur Kaltim 2018

    PSIS Semarang Menang Adu Penalti atas Arema FC

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 23:13 WIB PSIS Semarang memetik kemenangan pada pertandingan pertamanya di Piala Gubernur Kaltim 2018. PSIS menang adu penalti atas Arema FC.
  • Deretan Pemain yang Pernah Membela MU dan Chelsea

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:50 WIB Laga Manchester United versus Chelsea akan jadi reuni untuk Nemanja Matic dan Romelu Lukaku. Di masa lalu, ini para pemain yang pernah berkostum MU dan Chelsea.
  • Drawing Liga Europa

    Milan vs Arsenal di Babak 16 Besar Liga Europa

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 19:31 WIB Big match akan tersaji di babak 16 besar Liga Europa. Wakil Premier League, Arsenal, akan menghadapi tim Liga Italia, AC Milan.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Arsenal dan Urusan yang Belum Tuntas Sejak 2011

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 19:20 WIB Arsenal akhirnya kembali lagi ke final Piala Liga Inggris setelah 2011 silam. Kali ini The Gunners bertekad memenanginya, menuntaskan utang tujuh tahun lalu.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Wenger Nyaris Tanpa Cela dalam Final di Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:55 WIB Arsenal akan menjalani pertandingan melawan Manchester City di final Piala Liga Inggris akhir pekan ini. Arsene Wenger mempunyai rekor bagus di Wembley.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Rencana Wenger untuk Meredam City

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:43 WIB Menghentikan Manchester City yang begitu tangguh musim ini tak akan jadi pekerjaan mudah untuk Arsenal. Apa rencana manajer Arsenal Arsene Wenger?
  • Foto Sepakbola

    Ini Skuat Bhayangkara FC Musim 2018

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:50 WIB Juara bertahan Liga 1 Bhayangkara FC me-launching timnya untuk tahun ini. Ada 26 pemain yang diperkenalkan.
  • Stadion Surajaya Diverifikasi PT LIB

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:40 WIB PT LIB melakukan verifikasi terhadap Stadion Surajaya yang rencananya jadi markas Persela Lamongan. Masih ditemukan beberapa kekurangan.
  • Piala Gubernur Kaltim 2018

    Borneo FC Kalahkan Mitra Kukar via Adu Penalti

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:01 WIB Piala Gubernur Kaltim 2018 resmi bergulir. Di laga perdana, Borneo FC menang atas Mitra Kukar via adu penalti dengan skor 5-4.
  • Jelang MU vs Chelsea

    Kesempatan Conte Memperbaiki Reputasi

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:31 WIB Reputasi Antonio Conte sempat tercoreng dengan sejumlah hasil buruk Chelsea. Melawan Manchester United, dia punya kans bagus memperbaikinya.
  • Jelang Piala Liga Inggris

    Aguero Sedang Rajin Bobol Gawang Arsenal

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 18:05 WIB Manchester City akan menjalani final Piala Liga Inggris versus Arsenal. Sergio Aguero sedang rajin membobol gawang The Gunners, akan menjadi andalan lini depan.
  • Jadwal Liga Spanyol Pekan Ini

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:19 WIB Barcelona akan berupaya mengokohkan posisinya di puncak klasemen, sementara Real Madrid ingin terus menanjak. Berikut jadwal Liga Spanyol akhir pekan ini?
  • Liga Spanyol Pekan Ini

    Menguji Barcelona, Menanti Kebangkitan Madrid

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 13:05 WIB La Liga jornada ke-25 akan bergulir akhir pekan ini. Barcelona akan kembali menghadapi ujian, di sisi lain tren kebangkitan Real Madrid menarik dinanti.
  • Road to World Cup

    Menanti Kejutan Rusia di Piala Dunia 2018

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 16:08 WIB Tak tampil di kualifikasi, Rusia mengandalkan laga persahabatan untuk menyiapkan diri menghadapi Piala Dunia. Bagaimana kans mereka?
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Guardiola Punya Catatan Bagus Lawan Arsenal

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:57 WIB Manchester City akan berhadapan dengan Arsenal di final Piala Liga Inggris. Josep Guardiola mempunyai rekor bagus saat berhadapan dengan The Gunners.
  • Jelang Final Piala Liga Inggris

    Kyle Walker Tak Mau Patah Hati Lagi di Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:58 WIB Stadion Wembley kerap menghadirkan mimpi buruk untuk Kyle Walker. Walker tak mau cerita-cerita sedih itu terulang saat City berlaga di final Piala Liga Inggris.
  • Jelang Liga Inggris

    Head to Head MU vs Chelsea

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:59 WIB Manchester United dan Chelsea akan berhadapan untuk kali ke-179 di seluruh ajang kompetitif. Berikut adalah head to head dan tren kedua tim.
  • Persib Tak Bawa Essien ke Tasikmalaya

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 15:21 WIB Kondisi kebugaran Michael Essien belum 100 persen. Itu mengapa Essien tak masuk skuat Persib Bandung untuk menjalani laga uji coba di Tasikmalaya.
  • Jelang MU vs Chelsea

    Adu Tangguh di Bawah Mistar Gawang: De Gea vs Courtois

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 14:46 WIB Duel MU vs Chelsea sekaligus menghadapkan David De Gea vs Thibaut Courtois, dua kiper dengan clean sheet terbanyak di Premier League 2017/2018 sejauh ini.
  • Infografis

    Jalan City dan Arsenal Menuju Wembley

    Sepakbola | Jumat 23 Februari 2018, 14:47 WIB Manchester City dan Arsenal akan bertarung untuk jadi yang terbaik di final Piala Liga Inggris akhir pekan ini. Seperti apa perjalanan kedua klub di ajang ini?