DetikSepakbola
Kamis 24 Januari 2019, 22:16 WIB

Pochettino: VAR Cuma Mengganggu Suporter Liga Inggris

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Pochettino: VAR Cuma Mengganggu Suporter Liga Inggris Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino. (Foto: Eddie Keogh/Reuters)
London - Mauricio Pochettino menilai Video Assistant Referee tak cocok di Liga Inggris. Teknologi video itu dinilai cuma mengganggu suporter yang menonton sepakbola.

VAR musim ini mulai digunakan di kompetisi Inggris. Piala Liga dan Piala FA sudah menggunakan teknologi itu, dengan Liga Inggris baru musim depan.

Pochettino, manajer Tottenham Hotspur, menilai VAR bisa mengurangi kenikmatan para suporter untuk menyaksikan laga di Liga Inggris tersebut. Ia menilai, tertundanya laga saat memantau video pelanggaran atau gol kontroversi akan membuat kenyamanan suporter terganggu.




"Ini adalah gagasan yang baik untuk menunda (penggunaan VAR) karena jika kami tidak memiliki semua informasi, tidak tahu bagaimana cara kerjanya atau mengembangkan sistem tersebut menjadi lebih baik, sebaiknya berhenti dulu setahun atau lebih," ujar Pochettino dilansir Sportskeeda.

"Tidak ada orang di Eropa yang senang dengan VAR dan yang membuat saya khawatir adalah bahwa akan ada situasi di mana sepakbola mulai mengganggu para penggemar. Jika Anda berhenti selama lima menit untuk mengambil keputusan, saya tidak tahu apa yang harus dilakukan para fans." tambahnya.




Pelatih asal Argentina ini juga menyebut bahwa penggunaaan VAR akan mengurangi sisi emosional dari sepakbola.

"Teknologi garis gawang yang terbaik, tetapi setelah itu masalahnya adalah sudut pandang wasit. Emosi perasaan dan ketegangan tak akan ada di sana," ujarnya.

"Mungkin, secara teknis, itu adalah handball, tapi kami tahu betul dengan baik bahwa itu disengaja dan hanya wasit dan para pemain di sekitar yang mengetahui sebenarnya. Dengan VAR, Anda tidak dapat menilai hal tersebut itu," ungkapnya.
(yna/yna)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed