DetikSepakbola
Jumat 25 Januari 2019, 00:48 WIB

Pencarian Emiliano Sala Dihentikan

Randy Prasatya - detikSport
Pencarian Emiliano Sala Dihentikan Pencarian pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala dihentikan. (Foto: Rebecca Naden/Reuters)
FOKUS BERITA: RIP Emiliano Sala
Cardiff - Pencarian pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala telah dihentikan. Tak akan ada pencarian lagi sampai ada perkembangan yang berarti.

Striker anyar Cardiff City, Sala, menjadi penumpang pesawat yang hilang di utara laut Alderney sekitar Les Casquete, Prancis, Minggu (20/1/2019).

Sudah tiga hari proses pencarian pesawat yang ditumpangi Sala dilakukan. Peluang Sala dan pilot pesawat selamat dianggap sangat kecil, bahkan jika keduanya berhasil naik pelampung penyelamat yang berada di dalam pesawat.

Kamis (24/1/2019) sore waktu setempat, pihak Kepolisian Guernsey akhirnya menghentikan pencarian ini. Hal tersebut disampaikan Kapten David Barker lewat sebuah pernyataan di akun Twitter @GuernseyPolice.


"Tim saya sudah bertemu untuk mengevaluasi operasi pencarian dan penyelamatan yang telah berlangsung sejak pesawat menghilang pada Senin malam. Namun, setelah pencarian maksimal di Kepulauan Channel yang kira-kira mencakup 1700 mil persegi dan juga setelah melihat gambar satelit, kami tidak mampu menemukan jejak pesawat, pilot, maupun penumpang," tulis pernyataan itu seperti dikutip dari The Guardian.

"Kami telah melakukan pencarian 24 jam nonstop, dengan total 80 jam penerbangan menggunakan tiga pesawat dan lima helikopter. Dua kapal penyelamat juga dilibatkan, termasuk juga beberapa kapal yang melintas dan kapal nelayan."

"Setelah mengevaluasi seluruh informasi yang ada, kami harus membuat keputusan sulit dengan menghentikan pencarian ini. Peluang selamat pada tahap ini sudah sangat kecil. Keluarga terdekat sudah diberi kabar terkait perkembangan ini. Semoga keluarga pilot dan penumpang diberi ketabahan dalam momen sulit ini."


"Pencarian ini telah dilakukan secara sangat teliti dan meluas, yang dikoordinasi dari Pusat Kontrol Layanan Darurat Gabungan di Guernsey. Secara pribadi saya ucapkan terima kasih atas sikap kooperatif dari seluruh pihak dari berbagai negara."

"Meski kami sudah tidak lagi melakukan pencarian aktif, kasus ini tetap terbuka sampai waktu yang tidak ditentukan. Kami akan tetap meminta kapal dan pesawat yang melewati area tersebut untuk mencari jejak pesawat hilang."


(ran/cas)

FOKUS BERITA: RIP Emiliano Sala
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed