sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Apr 2011 00:35 WIB

'St James' Park Bisa Buat MU Jeri'

- detikSport
Newcastle - Manchester United tengah memasuki fase menentukan dalam perjalanan mereka di Premier League musim ini. Ujian mereka selanjutnya terletak di St James' Park, markas Newcastle United--yang punya optimisme tinggi menghadapi mereka.

The Red Devils kini masih memimpin klasemen sementara dengan keunggulan enam angka atas Arsenal. Masih ada enam laga tersisa menuju akhir musim, masih ada kemungkinan The Gunners menyalip andai skuad arahan Sir Alex Ferguson itu tergelincir.

Maka dibutuhkanlah sikap hati-hati dan waspada sembari fokus mengejar kemenangan oleh segenap skuad 'Setan Merah'. Termasuk ketika mereka menghadapi Newcastle tengah pekan ini.

The Magpies sendiri tengah angin-anginan. Mereka bisa menang 4-1 atas Wolverhampton Wanderers, tapi juga bisa ditaklukkan 0-4 oleh Stoke City. Dari empat laga terakhir, hanya satu kemenangan yang berhasil didapat, sementara tiga laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

Toh demikian, Alan Pardew tetap optimistis bisa memberikan kesulitan untuk MU. Kendati tak akan diperkuat sang kapten, Kevin Nolan, yang tengah menjalani skorsing laga, Pardew percaya pada kekuatan St James' Park.

"Saya bisa mengatakan bahwa ini adalah pertandingan yang bisa membuat Sir Alex Ferguson jeri. Mungkin bukan karena dia takut terhadap tim ini, tetapi takut pada lapangan ini dan reaksi yang bisa diberikan sehingga menginspirasi tim untuk melakukan sesuatu," ujarnya di Guardian.

"Sebagai contoh, pertandingan melawan Arsenal. Kami tertinggal 0-4 dan ketika kami mencetak gol, Anda bisa merasakan seluruh pendukung meledak dan memberikan efek pada pertandingan," lanjutnya. Sebagai pengingat, laga melawan Arsenal itu berakhir imbang 4-4.

Catatan Newcastle ketika bermain di kandang memang terbilang lumayan. Sejak Januari, mereka menorehkan catatan dua kemenangan, tiga hasil imbang dan satu kali kalah. Dua kemenangan itu diraih dengan skor telak: 5-0 atas West Ham United dan 4-1 atas Wolves.

Tapi Pardew diingatkan pada fakta bahwa The Toon Army tak pernah lagi menang atas MU sejak kemenangan 4-3 di St James' Park, September 2001. Masih merasa yakinkah dia?

"Tentu saja saya sadar dengan catatan dari pertandingan ini. Ini adalah pertandingan yang ikonik. Tapi kami bisa mengalahkan Liverpool di sini, jadi ada kesempatan lainnya untuk mendapatkan buruan yang sama besarnya."

============

Foto: Pertemuan perdana MU dan Newcastle musim ini pada Agustus lalu. Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford itu, 'Setan Merah' menang 3-0. (Getty Images)







(roz/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com