DetikSepakbola
Sabtu 22 November 2014, 23:59 WIB

Comeback, City Atasi Swansea 2-1

- detikSport
Comeback, City Atasi Swansea 2-1 (Getty Images/Alex Livesey)
Manchester -

Manchester City memetik poin penuh saat menjamu Swansea City di lanjutan Premier League. Sempat tertinggal lebih dulu, City berbalik unggul di babak kedua dan membukukan kemenangan 2-1.

Menjamu Swansea di Etihad Stadium, Sabtu (22/11/2014) malam WIB, City tertinggal lebih dulu setelah Wilfried Bony membungkam publik tuan rumah lewat golnya di menit kesembilan. Namun gol dari Stevan Jovetic di menit ke-18 membuat kedudukan kembali imbang.

Kemenangan City ditentukan di babak kedua. Sepakan Yaya Toure di menit ke-61 memastikan kemenangan 2-1 untuk The Citizens.

Dengan tambahan tiga poin, City masih duduk di peringkat ketiga dengan 24 poin dari 12 laga. Tim arahan Manuel Pellegrini itu masih tertinggal delapan angka dari Chelsea yang di saat bersamaan memetik kemenangan 2-0 atas West Bromwich Albion.

Jalannya Pertandingan

Swansea City sudah membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Wilfried Bony memanfaatkan kelengahan barisan pertahanan City untuk menaklukkan Joe Hart.

Gol ini berawal dari bola yang diangkat oleh Nathan Dyer. Bony yang menerima bola sempat mengontrol dengan dada sebelum melepaskan tembakan untuk menggetarkan jala gawang City.

Tertinggal satu gol, City meningkatkan intensitas serangan. Di menit ke-17, Samir Nasri yang mendapat ruang di sisi kanan melepaskan umpan. Namun tak ada pemain City yang menyambut bola.

Semenit berselang, serangan City membuahkan hasil. Crossing Jesus Navas dari sisi kanan diteruskan oleh Stevan Jovetic yang berada di depan gawang. City 1 Swansea 1.

City kembali mendapat peluang di menit ke-35. Navas mengirim umpan terobosan kepada Aguero. Namun Lukasz Fabianksi mampu menutup ruang tembak Aguero dan memblok bola.

Lima menit berselang, serangan yang terus dibangun oleh City nyaris membuahkan hasil. Berawal dari pergerakan Aguero, bola kemudian disodorkan pada Gael Clichy. Bek asal Prancis itu kemudian melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun bola masih mengenai tiang gawang.

City terus menekan. Jelang babak pertama berakhir, tim tuan rumah kembali mendapat peluang. Tapi sundulan Jovetic meneruskan umpan Pablo Zabaleta masih mengarah ke Fabianski. Tak lama berselang, tembakan Jovetic dari luar kotak penalti juga bisa diamankan oleh Fabianski.

Di awal babak kedua, Swansea lebih dulu mengancam pertahanan City. Umpan terobosan Bony jatuh ke kaki Jefferson Montero. Tapi Montero yang mampu melewati barisan pertahanan City tak bisa menaklukkan Hart.

City lantas membalas di menit ke-50. Tapi tembakan Aguero dari luar kotak penalti masih membentur pemain belakang Swansea dan hanya menghasilkan sepak pojok.

City meningkatkan tekanan. Tapi kerja sama Aguero dan Zabaleta tak membuahkan hasil setelah tembakan Zabaleta masih melambung.

Upaya Yaya Toure di menit ke-60 masih bisa digagalkan Fabianksi. Bola muntah kemudian dihalau oleh pemain belakang Swansea sebelum disambar oleh Aguero.

City akhirnya berbalik unggul di menit ke-61. Lewat sebuah kerja sama yang cantik dengan Fernandinho, Yaya Toure menjebol gawang Swansea untuk membalikkan keadaan.

Menerima umpan tumit dari Fernandinho di dalam kotak penalti, Yaya Toure kemudian merangsek hingga mendekati gawang. Tembakannya tak mampu dibendung oleh Fabianski dan skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan City.

City mendapat peluang untuk menambah keunggulan di menit ke-82. Tapi Fabianski kembali melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan upaya City. Kiper asal Polandia itu memblok tembakan Navas yang bekerja sama dengan Aguero.

Dua menit jelang waktu normal habis, Gomis menyia-nyiakan peluang emas untuk membuat kedudukan imbang. Menerima umpan terobosan dari Bony, Gomis yang lolos dari jebakan offside tinggal berhadapan dengan Hart. Tapi tembakannya masih melenceng dari gawang.

Di masa injury time, Swansea kembali nyaris membobol gawang City. Tendangan bebas Jonjo Shelvey membentur pagar betis yang dibangun pemain City hingga bola berbelok arah. Hart sudah salah langkah. Beruntung bagi City, bola masih menyamping tipis dari mistar gawang.

Sampai laga berakhir, tak ada tambahan gol yang tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan City tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

City: Hart, Zabaleta, Demichelis, Kompany, Clichy, Jesus Navas, Yaya Toure, Fernandinho (Fernando 88'), Nasri (Milner 79'), Jovetic (Lampard 69'), Aguero

Swansea: Fabianski, Rangel, Williams, Bartley, Taylor, Ki Sung-yueng, Carroll (Shelvey 68'), Montero, Sigurdsson (Gomis 79'), Dyer (Barrow 77'), Bony



(nds/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed